Kemnaker Targetkan BLT Gaji Rp 1 Juta Cair Sebelum Lebaran

Laporan: Azhar Ferdian
Jumat, 08 April 2022 | 00:57 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan/Net
Kementerian Ketenagakerjaan/Net

SinPo.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji Rp1 juta dapat disalurkan sebelum lebaran.

"Kami ingin at least sebelum lebaran sudah tersalurkan, tapi yang penting seluruh aturan harus kita siapkan dahulu," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/4).

Ia menjelaskan Kemnaker sedang fokus merancang regulasi dan revisi anggaran guna mempersiapkan agar program BSU itu dapat berjalan lebih lancar daripada tahun lalu.

"Saat ini yang kami sedang menyiapkan dari aspek regulasi, kemudian revisi anggaran dan tentunya data. Ya mudah-mudahan kita bisa cepat selesaikan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberi subsidi gaji sebesar Rp1 juta untuk para pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Menurut penuturannya, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp8,8 triliun untuk menyalurkan subsidi atau bantuan sosial (bansos) tersebut. Nantinya, BLT subsidi gaji akan diberikan untuk 8,8 juta pekerja.

Selain itu, pemerintah juga melanjutkan program bantuan sosial lain pada 2022. Salah satunya Kartu Sembako yang akan diberikan kepada 18,8 juta penerima.

Lalu, pemerintah juga akan menambahkan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 2 juta orang.sinpo

Komentar: