Tunggu Sinyal Pemerintah, Masjid Istiqlal Berencana Gelar Salat Idul Fitri

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 26 Maret 2022 | 00:36 WIB
Masjid Istiqlal/Net
Masjid Istiqlal/Net

SinPo.id - Masjid Istiqlal, Jakarta berencana menggelar ibadah Salat Idul Fitri 1443 Hijrah pada tahun ini. Dengan demikian, ini akan menjadi yang pertama Istiqlal menghelat Salat Id usai ditiadakan dua tahun imbas pandemi virus corona (Covid-19).

"Di buka [Salat Idulfitri]. Insyaallah. Kecuali kalau ada pendadakan Covid kita enggak tahu," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar di Kompleks Masjid Istiqlal, Jumat (25/3).

Meski demikian, Nasaruddin belum bisa menentukan berapa banyak kapasitas yang diperbolehkan untuk Salat Id di Istiqlal nantinya. Ia hanya menegaskan pihaknya sangat bangga bila Istiqlal bisa dikunjungi oleh orang banyak kembali seperti sebelum pandemi.

"Nah Idulfitri akan kita ukur seperti apa kondisi Covid-nya. Apakah sampai kita buka 100 persen sampai koridor-koridor bawah ini, tergantung," katanya.

Nasaruddin memastikan para jemaah yang hendak beribadah di Istiqlal wajib menaati protokol kesehatan pencegahan virus corona, seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Di sisi lain, Nasaruddin mengaku bersyukur kini Istiqlal lebih siap dari sisi sarana dan prasarana usai rampung direnovasi beberapa waktu lalu.

"Dulu ada banyak orang kesulitan mengaji dengan Alquran kecil, lampunya redup. Tapi sekarang sistem lighting kita sekarang sangat terang," ujarnya.

Diketahui, Hari Raya Idul Fitri 1443 H diperkirakan akan jatuh pada awal Mei 2022 mendatang. Pemerintah melalui Kementerian Agama sampai saat ini belum menentukan tanggal persisnya Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Sebelumnya Istiqlal telah memutuskan menggelar Salat Tarawih berjemaah dan kegiatan keagamaan lainnya pada bulan Ramadan 1443 H tahun ini meski masih berada di tengah pandemi Covid-19.sinpo

Komentar: