Australia Sudah Anggap Covid-19 Seperti Virus Biasa

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 12 Maret 2022 | 21:25 WIB
Covid-19/Net
Covid-19/Net

SinPo.id - Australia ingin beranjak ke hidup fase baru dengan menganggap covid-19 seperti flu biasa. Akan tetapi, para pemimpin politik negara tersebut akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah membahas pemindahan ke "Fase D" dari rencana respons pandemi nasional.

"Bandara kami buka lagi, kedatangan internasional bisa datang, sekarang ada keringanan karantina bagi orang yang kembali, jadi kami cukup banyak di Fase D," ujar Morrison dilansir Reuters, Sabtu (12/3).

Morrison mengatakan para pemimpin ingin membatalkan persyaratan isolasi untuk kontak erat kasus covid-19 dan akan mencari saran lebih lanjut tentang hal tersebut dari panel ahli.

"Kami yakin kami cukup banyak di Fase D sekarang, ada beberapa pengecualian untuk itu. Fase D, ingat, berarti hidup dengan virus seperti flu," kata dia.

Australia Barat dan Northern Territory akan tertinggal satu bulan dari negara bagian timur dalam menjatuhkan pembatasan, ungkap Morrison.

Pejabat kesehatan di New South Wales, negara bagian terpadat, minggu ini menandai kekhawatiran tentang peningkatan subvarian BA.2 baru dari Omicron. Varian baru tersebut dikatakan dapat membawa dua kali lipat kasus harian pada akhir bulan dari angka terbaru sekitar 15.000 kasus.sinpo

Komentar: