Benamkan Thailand 1-0, Vietnam Juara Piala AFF U-23 2022

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 26 Februari 2022 | 22:20 WIB
Timnas Vietnam U-23/Net
Timnas Vietnam U-23/Net

SinPo.id - Vietnam U-23 berhasil menjadi juara Piala AFF U-23 2022 usai mengalahkan Thailand 1-0 pada laga final di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (26/2) malam WIB.

Hasil ini membuat Vietnam meraih gelar perdana di Piala AFF U-23. Dua tim lain yang juga pernah meraih gelar yakni Thailand dan Indonesia.

Duel Thailand vs Vietnam berjalan sengit sejak babak pertama dimulai. Kedua tim bermain agresif dan bergantian melancarkan tekanan.

Thailand memiliki peluang emas untuk mencetak gol. Kesempatan itu didapat Thanawut Phochai tetapi tembakannya masih mengenai mistar gawang.

Tekanan yang diberikan Thailand coba direspons oleh Vietnam. Doan Anh mendapatkan peluang namun belum bisa menggetarkan gawang Thailand yang dikawal Narongsak Nueangwongsa.

Vietnam yang tampil ngotot memetik hasil dari kerja keras mereka pada masa injury time. Bola liar hasil dari situasi sepak pojok mampu dikonversi menjadi gol oleh Tran Bao Tuan.

Sundulan Tran Bao Tuan dari jarak dekat tidak mampu digagalkan Narongsak. Ia hanya terperangah melihat bola masuk ke gawangnya dan skor 1-0 menjadi akhir babak pertama.

Pada menit ke-64, Vietnam mendapatkan peluang untuk memperbesar kedudukan. Vo Nguyen Hoang berhasil melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti tetapi masih bisa diblok oleh kiper Thailand, Narongsak.

Vietnam kembali nyaris mencetak gol ke gawang Thailand. Bola sepak pojok yang dieksekusi Tran Bao Tuan coba dihalau pemain belakang Thailand dan bola tersebut malah mengenai mistar gawang.

Thailand punya peluang untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-74. Sattawas Leela mampu melepaskan tendangan bebas yang mengarah ke sudut kanan gawang yang digagalkan secara gemilang oleh kiper Vietnam, Dang Tuan Hung.

Thailand dan Vietnam sama-sama ngotot untuk bisa mencetak gol di sisa waktu pertandingan. Namun, skor 1-0 untuk kemenangan Vietnam tidak berubah dan mereka berhasil meraih gelar juara untuk kali pertama.sinpo

Komentar: