Baru Dibuka, Pemberangkatan Umrah Dari Indonesia Kembali Dihentikan

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 16 Januari 2022 | 23:51 WIB
Pemberangkatan jemaah umrah dari Indonesia kembali dihentikan/Net
Pemberangkatan jemaah umrah dari Indonesia kembali dihentikan/Net

SinPo.id - Kementerian Agama kembali menghentikan pemberangkatan jamaah umrah per Jumat (15/1). Penghentian ini bersifat sementara untuk mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) dan memantau perkembangan Covid-19 di Indonesia dan Arab Saudi. 

"Jamaah umrah akan diberangkatkan sampai 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman melalui keterangan tertulisnya, Minggu (16/1). 

Menurutnya, pemberangkatan jamaah umrah sejatinya telah berjalan sejak Sabtu, 8 Januari 2022 kemarin dengan total jemaah yang telah berangkat 1.731 melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, Jakarta. Skema OGP sendiri mewajibkan jemaah umrah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede dilakukan penapisan (screening) kesehatan dan kelengkapan dokumen. 

Adapun jemaah umrah yang telah berangkat pada Sabtu, 8 Januari kemarin akan kembali ke Indonesia pada Senin, 17 Januari 2022 esok. Nantinya, para jamaah itu bakal dievakuasi dan dilihat ada tidaknya yang terdeteksi varian Covid-19, khususnya Omicron. 

"Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus Omicron makin berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi," tuturnya. 

Dia menambahkan, pasca evaluasi selain dilakukan bersama kementerian terkait, Kemenag bakal memutuskan apakah akan kembali memberangkatkan jamaah atau menghentikan sementara perjalanan umrah.sinpo

Komentar: