Anies Baswedan: 2021 Tahun Yang Penuh Dengan Pengalaman Kepemimpinan?

Laporan: Ari Harahap
Minggu, 02 Januari 2022 | 12:10 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan/tangkapan layar
Gubernur DKI Anies Baswedan/tangkapan layar

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai tahun 2021 sebagai puncak dari pandemi Covid-19. Hal itu dia sampaikan pada kanal Youtube pribadinya. 

Anies mengungkapkan kondisi tersebut memberikan banyak pengalaman dari berbagai aspek, mulai dari kepemimpinan, pengelolaan masalah, sampai dengan pencarian terobosan-terobosan. 

"Tahun 2021 sebagai tahun yang penuh dengan pengalaman kepemimpinan, pengalaman pengelolaan masalah, dan pengalaman mencari terobosan-terobosan atas masalah yang tidak pernah diduga sebelumnya," ujar Anies. 

Dia menilai krisis yang terjadi merupakan perubahan yang dipercepat sehingga mendorong adanya peningkatan kapasitas bagi masyarakat dalam menghadapi permasalahan dari berbagai sisi. 

Menurutnya, saat terjadi krisis ekonomi maupun krisis kesehatan, masyarakat pada umumnya memandang situasi dan kondisi di dalamnya dari perspektif masalah. Dia berharap, masyarakat bisa memandang hal itu sebagai kesempatan. 

"(Sebab) Dari sekian generasi umat manusia sedunia ini, generasi kita yang diberikan kepercayaan untuk melewati fase virus ini," jelasnya. 

Terkait dengan upaya penanganan pandemi Covid-19, Anies mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini berfokus untuk mengejar capaian vaksinasi kepada anak usia 5 hingga 11 tahun. 

"Alhamdulillah Jakarta vaksinasi telah lebih dari 125 persen dan insya Allah kita sekarang sedang mengejar untuk vaksinasi anak usia 5 - 11 tahun," tandasnya.sinpo

Komentar: