Ketika Presiden Jokowi Memakai Baju Bodo dan Jusuf Kalla Kenakan Blankon

Oleh: Redaksi
Rabu, 16 Agustus 2017 | 09:58 WIB
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri rapat tahunan MPR RI, Rabu (16/8/2017)
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri rapat tahunan MPR RI, Rabu (16/8/2017)

Jakarta, sinpo.id - Ada yang berbeda dari Sidang Tahunan MPR RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Rabu (16/8/2017). Presiden Joko Widodo nampak tampil gagah dengan mengenakan baju Bodo, yang merupakan baju adat Makassar. Sedangkan Jusuf Kalla mengenakan pakaian khas suku Jawa, lengkap dengan blankonnya.

Hal ini menarik karena Presiden Jokowi merupakan keturunan suku Jawa, tepatnya Solo. Sedangkan JK, yang notabene wong Bugis tampil mengenakan pakaian adat Jawa, lengkap dengan beskap disertai blankon.

Dapat dilihat keduanya secara tidak langsung ingin menyampaikan pesan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia harus bahu membahu membangun kesatuan negara ini, tanpa adanya perbedaan sedikit pun. Bangsa ini dibangun oleh beragam suku dan budaya, tetapi tetap mempunyau tujuan yang sama, yaitu mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi dunia.

Adapun sidang tahunan ini digelar dalam rangka menyambut HUT RI ke-72. Dalam pidatoya, presiden mengapresiasi lembaga-lembaga negara yang dinilainya sudah bekerja secara maksimal, walau dinilainya masih ada kekurangannya.

Tak lupa, Presiden Jokowi juga mengajak segala elemen bangsa untuk bersatu dan tak mudah terpecah belah oleh provokasi segelintir orang. Kita sebagai bangsa harus bahu membahu demi kemajuan Bumi Pertiwi.

"Saya mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan demi kesatuan Indonesia," paparnya

 sinpo

Komentar: