Dua Rumah Terbawa Arus, Banjir Bandang Terjang Tiga Kecamatan Di Soppeng Sulsel

Laporan: Samsudin
Senin, 06 Desember 2021 | 18:07 WIB
Banjir bandang soppeng seret dua rumah warga/net
Banjir bandang soppeng seret dua rumah warga/net

SinPo.id - Banjir bandang menerjang Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Senin (6/12) pagi. Sebanyak dua rumah warga Dusun Cabbue yang berada di bantaran sungai, terseret derasnya arus banjir usai menabrak jembatan pengubung.

Detik-detik rumah warga terseret arus banjir terekam dalam video amatir warga. Diketahui, rumah tersebut milik warga bernama Herman Wijaya dan Laupe

Kepala Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Soppeng, Rokhyanti membenarkan jika dua hunian itu milik Herman dan Laupe.

"Rumah mereka hancur terseret air beserta isinya sementara pemilik rumah dan penghuni lainnya berhasil menyelamatkan diri sebelum rumah mereka terbawa air," tambah Rokhyanti.

Peristiwa banjir bandang ini terjadi diduga diakibatkan karena tingginya curah hujan yang berlangsung sejak semalam dan menyebabkan sungai Lawo yang berada di sekitar pemukiman warga, tidak mampu lagi menampung debit air yang ada.

Selain menghanyutkan rumah warga di kecamatan Lalabata, puluhan rumah lainnya di Desa Belo Kecamatan Ganra dan Dusun Paddengeng Desa Donri-Donri, Kecamatan Donri Donri juga ikut terendam, akibat luapan Sungai Belo dan Sungai Paddengeng.

Hingga kini pihak BPBD kabupaten Soppeng masih terus melakukan pendataan dampak kerusakan akibat terjangan banjir bandang tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Soppeng, Syahrani  menjelaskan, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam insiden itu lantaran pemiliknya sudah mengungsi ke tempat yang aman.

"Hujan deras tidak berhenti sejak semalam, dan saat ini ada tiga kecamatan yang terendam banjir. Alhamdulillah hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa," kata Syahrani.sinpo

Komentar: