Survei Indikator Politik Indonesia, Elektabilitas Prabowo Selalu Dipuncak

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 05 Desember 2021 | 20:19 WIB
Menter Pertahanan Prabowo Subianto/Net
Menter Pertahanan Prabowo Subianto/Net

SinPo.id - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil temuan terbarunya terkait dengan peta elektoral sosok Calon Presiden (Capres) jelang Pemilu 2024 mendatang. Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi yang teratas dalam surveinya.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa dalam survei ini, lembaganya melakukan sejumlah simulasi terhadap sejumlah nama calon yang digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Dia menyebut nama Prabowo selalu unggul di setiap simulasi yang dilakukan.

"Jadi kami belum menemukan kata bahwa Pak Prabowo ada di bawah nama Ganjar atau Anies," kata Burhanuddin dalam rilis surveinya secara daring, Minggu (5/12).

Dari simulasi 10 nama, elektabilitas Prabowo sebesar 26,9 persen. Disusul Ganjar Pranowo 23,2 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, Ridwan Kamil 6,2 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 5,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,6 persen, Khofifah Indarparawansa 3,1 persen, Erick Thohir 2,3 persen, Puan Maharani 1,1 persen, dan Airlangga Hartarto 0,5 persen.

Sementara, dari simulasi delapan nama calon, Prabowo Subianto 27,6 persen, Ganjar Pranowo 23,7 persen, Anies Baswedan 17,2 persen, Ridwan Kamil 8,4 persen, Sandiaga salahuddin Uno 5,9 persen, AHY 4,8 persen, Erick Thohir 2,4 persen, dan Airlangga Hartarto 0,9 persen.

Sedangkan, dari simulasi yang dilakukan tiga nama, Prabowo Subianto 35,5 persen, Ganjar Pranowo 30,0 persen, dan Anies Baswedan 23,7 persen.

"Jadi survei rutin yang kami gelar menemukan pola, di mana Pak prabowo masih di peringkat pertama, tetapi tidak signifikan, terutama dibanding elektabilitas Ganjar Pranowo," katanya.

Untuk diketahui, Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.sinpo

Komentar: