Peringatan HAN, Dasco Terkenang Perjuangan Bangsa Mempertahankan Kemerdekaan

  • Laporan:

SinPo.id - Momentum peringatan Hari Artileri Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 Desember merupakan momen yang penting untuk mengingatkan perjuangan bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dikutip dari akun Instagram pribadinya @sufmi_dasco, Sabtu (4/12).

"Peringatan ini akan menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan," ujar Dasco.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu mengatakan, pada masa penjajahan para pejuang menggunakan senjata artileri untuk mengusir tentara sekutu dan pasukan Agresi Militer Belanda.

"Persenjataan artileri digunakan untuk bertempur melawan penjajah," tambah Dasco.

Diketahui, Hari Artileri Nasional diperingati setiap tanggal 4 Desember. Di tanggal yang sama, Korps Armed TNI AD akan merayakan hari jadinya yang ke-76.

Artileri merupakan sebutan untuk pengetahuan persenjataan beserta pasukan dan persenjataannya sendiri yang berupa senjata-senjata berat jarak jauh.

Dilansir dari Kodiklat TNI AD, Letjen Urip Sumohardjo meresmikan berdirinya Markas Artileri di Yogyakarta pada 4 Desember 1945 dengan tujuan untuk membina satuan-satuan artileri Indonesia. Komandannya yang pertama adalah Letnan Kolonel R.M Pratikno Suryosumarno.

Sejak saat itu, tanggal 4 Desember akhirnya ditetapkan sebagai Hari Artileri Nasional. Tanggal 4 Desember juga diperingati sebagai hari jadi Korps Artileri TNI AD yang kemudian dikenal dengan Korps Armed TNI AD.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar