Akses Menuju Reuni 212 Malam Ini Ditutup, Ini 12 Jalan Yang perlu Dihindari

Laporan: Samsudin
Rabu, 01 Desember 2021 | 15:36 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo/net
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo/net

SinPo.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan melakukan penyekatan sejumlah ruas jalan masuk ke wilayah DKI Jakarta. Kebijakan ini untuk mengantisipasi massa Reuni Alumni 212 yang diwacanakan digelar Kamis (2/12).

Rencana reuni 212 itu sendiri tidak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya. Penutupan ruas jalan akan dimulai pada Rabu (1/12) pukul 24.00 WIB sampai dengan Kamis (2/12) pukul 21.00 WIB.

"Polda Metro Jaya akan melaksanakan penyekatan di seputar kawasan bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

"Untuk kawasan masuk Jakarta ada yang kita lakukan filterisasi, artinya kendaraan biasa masih boleh melintas, kecuali untuk massa 212," tambahnya.

Selain melakukan penyekatan di tiap pintu masuk ke Jakarta, Sambodo juga menegaskan pihaknya akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan, khususnya di sekitar area Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Monas.

"Semua kendaraan mulai nanti malam tidak boleh memasuki kawasan ini. Kita tidak memperbolehkan kendaraan melintas, karena kawasan ini steril dari kendaraan," lanjutnya.

Adapun pintu masuk ke Jakarta yang akan diterapkan penyekatan antara lain Jalan Raya Kalimalang, Jalan Raya Pasar Jumat, Jalan Raya Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor hingga arah Tangerang yaitu Daan Mogot dan Batu Ceper.

"Di tiap titik masuk itu akan ada pasukan yang berjaga," jelasnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi, berikut titik-titiknya:

1. Jalan Veteran Raya menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup.
2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur menuju Merdeka Utara ditutup dan kendaraan dialihkan ke Jalan Perwira.
3. Jalan Medan Merdeka Selatan arah Monas, ditutup dan kendaraan dari arah Tugu Tani dialihkan melewati Medan Merdeka Timur.
4. Penutupan dilakukan di Patung Kuda, kendaraan dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.
5. Jalan Budi Kemuliaan ditutup dan kendaraan hanya bisa lurus di Jalan Abdul Muis.
6. Pengalihan arus di Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat.
7. Penutupan arus di Jalan Majapahit dam kendaraan dialihkan menuju Jalan Juanda.
8. Pengalihan arus menuju Jalan Veteran Raya.
9. Pengalihan arus dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Majapahit.
10. Kendaraan dari Jalan Kebon Sirih dialihkan menuju Jalan Wahid Hasyim.
11. Kendaraan dari Jalan Wahid Hasyim dialihkan menuju Jalan Kebon Sirih dan jalan menuju Patung Kuda ditutup.
12. Penutupan di Jalan Sunda lalu kendaraan dari Jalan Agus Salim dialihkan menuju Jalan Wahid Hasyim.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan tidak memberikan izin terkait penyelenggaraan reuni alumni 212 yang rencananya akan digelar di area sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda di bilangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan, alasan izin tidak diberikan karena bertentangan dengan aturan satgas covid19, serta instruksi pemerintah mengingat kondisi pandemi yang saat ini masih melanda Indonesia

“Polda Metro Jaya dalam hal ini jika ada kerumunan-kerumunan dalam jumlah yang banyak dan tentunya tidak sesuai aturan, kita akan tindak tegas,” katanya.

Zulpan menyampaikan, pihak-pihak yang tetap melangsungkan reuni 212 berpotensi melanggar tindak pidana. Kepolisian bisa menjeratnya dengan pasal 212 sampai 218 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Apabila memaksakan juga untuk melakukan kegiatan, maka akan kita berikan sanksi hukum sesuai dengan hukum yang berlaku yaitu dapat dipidana seperti yang saya sampaikan tadi, di pasal KUHP,” demikian Zulpan.

Diketahui, rencana reuni alumni 212 rencananya akan dipusatkan di 2 lokasi berbeda yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jakarta Pusat dan Masjid Az-Zikra Sentul Bogor Jawa Barat.sinpo

Komentar: