Prabowo Subianto Tak Tergoyahkan Di Posisi Puncak Hasil Survei Terbaru Lanskap

  • Laporan:

SinPo.id - Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas Calon Presiden (Capres) 2024. Dalam survei ini, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas capres yang akan dipilih responden.

Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha dalam keterangannya menyebutkan, terdapat 23,0 % responden yang menjatuhkan pilihannya pada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Thoha, temuan tersebut menunjukkan masih besar harapan publik kepada Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut untuk dapat memimpin Indonesia.

“Bisa saja menunjukkan masih besarnya harapan publik kepada Prabowo untuk dapat mewujudkan visi misi ekonomi politiknya yang tertunda tentang mewujudkan negara dan bangsa Indonesia yang demokratis, bersatu, kuat, maju dan makmur,” ujar Mochammad Thoha dalam keterangannya, kemarin.

Thoha menduga tingginya elektabilitas Prabowo lantaran telah berkompetisi tiga kali dalam kepemimpinan nasional. Bisa saja, kata dia, hal itu menunjukkan masih besarnya harapan publik kepada Prabowo untuk dapat mewujudkan visi misi ekonomi politiknya yang tertunda tentang mewujudkan negara dan bangsa Indonesia yang demokratis, bersatu, kuat, maju, dan makmur.

Bahkan, lanjut Thoha, meskipun diterpa isu migrasi pemilih yang kecewa terhadap bergabungnya Prabowo ke dalam pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Namun elektabilitas Prabowo masih cukup tinggi.

“Mungkin saja dapat diartikan bahwa sebagian pendukung mulai mengerti sikap yang diambil Prabowo untuk persatuan bangsa. Apalagi menyusul bergabungnya Sandiaga Uno seolah-olah ada ajakan untuk mencairkan situasi,” paparnya.

Dia melanjutkan untuk posisi kedua ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 14,1%. Kemudian disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,6%.

Pilihan publik yang dijatuhkan ke Anies mungkin saja disebabkan karena sosok Anies yang juga pluralis dan religius.

“Sementara Ganjar mungkin lebih dikenal sebagai sosok yang populer karena sering turun ke bawah terutama di Provinsi Jawa Tengah tempatnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah,” jelasnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 11-25 November 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung terhadap 1.420 responden yang berusia 17 tahun ke atas.

Metode yang dipakai adalah teknik pencuplikan sampel dengan menggunakan multistage random sampling yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Sementara Margin of Error ± 2,6% dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut elektabilitas tokoh yang terpotret dalam survei Lanskap untuk menjadi Capres di 2024 mendatang:

1. Prabowo Subianto: 23,0%
2. Anies Baswedan: 14,1%
3. Ganjar Pranowo: 13,6%
4. Sandiaga Uno: 6,6%
5. Agus Harimurti Yudhoyono: 5,1%
6. Ridwan Kamil: 4,8%
7. Puan Maharani: 2,7%.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar