Raih Ballon d'Or Ke-7, Lionel Messi: Luar Biasa, Saya Kira Yang Ke-6 Terakhir..!

Laporan: Samsudin
Selasa, 30 November 2021 | 09:34 WIB
Lionel Messi meraih trofi Ballon d'or ketujuh/Rueters
Lionel Messi meraih trofi Ballon d'or ketujuh/Rueters

SinPo.id - Fantastis! Kata inilah yang pantas disematkan kepada pemain Argentina, Lionel Messi. La Pugla-julukan Messi, mengukir rekor yang bisa saja tidak bisa dipecahkan siapapun di planet ini.

Ya, Lionel Messi meraih trofi Ballon d'Or ke-7 dengan mengungguli pemain depan Bayern Muenchen yang juga striker timnas Polandia Robert Lewandowski di posisi dan gelandang Italia Jorginho di tempat ketiga. Sementara bintang Portugal, Cristiano Ronaldo hanya menempati urutan keenam dalam peringkat Ballon d'Or 2021.

Messi, yang baru saja pindah dari Barcelona ke Paris St Germain selama musim panas, meraih penghargaan bergengsi itu pada Senin (29/11). Penghargaan itu menjadi rekor lain bagi Messi setelah memecahkan rekornya sendiri pada 2019 ketika ia memenangkan Ballon d'Or untuk keenam kalinya.

Penghargaan Ballon d'Or tidak dilangsungkan tahun lalu karena pandemi COVID-19. Sebelum meraih gelar bergengsi ini, Messi memenangkan turnamen major pertama bersama Argentina pada Juli, saat Argentina keluar sebagai juara Copa America.

“Luar biasa bisa berada di sini lagi. Dua tahun lalu saya pikir itu yang terakhir kalinya. Memenangkan Copa America adalah kuncinya,” kata Messi, 34, setelah menerima penghargaan itu di Paris.

“Memenangkan penghargaan bergengsi untuk rekor ketujuh kalinya, striker Paris Saint-Germain terus membuat sejarah,” kata klub sepak bola Prancis di Twitter tentang kemenangan Messi.

Alexia Putellas

Sementara untuk kategori putri, pemain Barcelona yang juga penyerang Spanyol, Alexia Putellas memenangkan penghargaan Ballon d'Or untuk pertama kalinya setelah tampil apik musim lalu, baik bersama klub maupun negaranya.

Dia mengikuti jejak Ada Hegerberg, yang memenangkan Ballon d'Or wanita perdana pada 2018, dan bintang Piala Dunia Amerika Serikat Megan Rapinoe, pemenang pada 2019.

“Saya sangat emosional, ini momen yang sangat spesial,” kata Putellas pada upacara di Paris melalui seorang penerjemah.

“Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada semua rekan tim saya, terutama rekan tim saya saat ini (Barcelona). Bagi saya, ini adalah kesuksesan kolektif.”

“Sekarang menjadi ikon klub dan contoh bagi pemain wanita di negara ini, dia memiliki jumlah penampilan tertinggi ketiga untuk tim (364) dan jumlah gol terbanyak kedua sepanjang masa (157),” kata pihak klub.

Putellas membantu Barca memenangkan treble dan mencetak 26 gol dalam 42 pertandingan secara keseluruhan. Dia mencetak gol di final Liga Champions melawan Chelsea di Gothenburg.

Rekan setimnya di Barcelona dan Spanyol Jennifer Hermoso berada di urutan kedua dalam pemungutan suara, dengan Sam Kerr dari Chelsea dan Australia berada di urutan ketiga.

Ini melengkapi penghargaan ganda untuk Putellas, yang pada bulan Agustus dinobatkan sebagai pemain terbaik tahun ini oleh badan sepak bola Eropa UEFA.sinpo

Komentar: