Jemaah Indonesia Boleh Umrah, Ini Aturan Dari Kerajaan Arab Saudi

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 29 November 2021 | 01:40 WIB
Jemaah Indonesia diizinkan ibadah Umrah/Net
Jemaah Indonesia diizinkan ibadah Umrah/Net

SinPo.id - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan kembali jamaah Indonesia melaksanakan ibadah umrah. Tak hanya Indonesia, ada lima negara lain yang mendapat izin, yakni Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Asisten Wakil Sekretariat Kementerian Haji dan Umrah untuk jamaah haji dan umrah, Hesham Abdulmonem Saeed menegaskan, ada persyaratan yang harus dilaksanakan oleh para calon jamaah umrah.

Dikutip dari akun media sosial berita Saudi Arabia @AJELNEWS24, Minggu (28/11). Hesham mengatakan, syarat pertama yakni telah melaksanakan vaksinasi dosis lengkap vaksin Covid-19. Vaksinasi dosis lengkap ini jadi syarat pertama dan utama penerbitan visa umrah.

Kemudian, jamaah umrah dengan vaksinasi yang disetujui Kerajaan Saudi Arabia, diizinkan langsung memulai umrah dan tidak perlu karantina.

Selain itu, jamaah umrah harus divaksin dengan vaksinasi yang disetujui oleh World Health Organization (WHO), kemudian karantina tiga hari.

Terakhir yakni melakukan tes PCR setelah 48 jam dimulai karantina, jika hasil negatif, jamaah umrah bisa langsung mulai melaksanakan umrah.

Selain itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga memastikan, otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA), telah memperbarui aturan penerbangan internasionalnya pada 25 November 2021. Di mana, terhitung 1 Desember 2021 penerbangan dari Indonesia dapat langsung menuju ke Arab Saudi.sinpo

Komentar: