Jika Masuk Kabinet, Marsekal Hadi Bisa Gantikan Moeldoko Atau Mahfud MD

  • Laporan:

SinPo.id - Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diprediksi akan masuk kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hadi berpeluang menggantikan dua pos yakni Kepala Staf Presiden Moeldoko atau Menko Polhukam Mahfud MD. Sebab, dua pos itu sangat layak bagi Hadi dan mumpuni di bidang itu.

Demikian disampaikan Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (24/11). 

"Hadi Tjahjanto berpeluang menggantikan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko juga menggantikan Menko Polhukam Mahfud MD. Kapasitasnya cukup mumpuni untuk mengisi pos tersebut," kata Jamiluddin.

Meski demikian, dari dua posisi itu, kata Jamiluddin, posisi KSP yang paling kecil guncangannya. Penolakan dari berbagai elemen masyarakat akan relatif kecil.

Berbeda hal dengan Mahfud MD, penolakan akan relatif besar bila di reshuffle. NU dan PKB kemungkinan akan tidak berkenan bila Machfud diganti.

"Jadi, yang paling aman pos KSP yang di reshuffle. Hadi Tjahjanto cukup pas mengisi posisi tersebut," demikian Jamiluddin.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar