Hari ini, Panglima TNI, KSAD, Kepala BNPB, Dan 12 Dubes Dilantik Presiden

Laporan: Farez
Rabu, 17 November 2021 | 07:39 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyematkan bintang empat sebagai tanda kenaikan pangkat Andika Perkasa menjadi jenderal sebelum dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat, Jakarta, 22 November 2018/Net
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyematkan bintang empat sebagai tanda kenaikan pangkat Andika Perkasa menjadi jenderal sebelum dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat, Jakarta, 22 November 2018/Net

SinPo.id - Kalau tidak ada halangan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Rabu (17/11) direncanakan akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Jokowi menyampaikan itu saat menjawab pertanyaan wartawan usai meresmikan jalan tol Serang-Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (16/11).

Tidak hanya Panglima TNI, Presiden juga akan melantik KSAD, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta sejumlah duta besar (dubes).

"Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat. Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara,? demikian dijelaskan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dalam keterangan tertulisnya dikutip SinPo dari laman Setkab Rabu (17/11).

Heru menjelaskan bahwa posisi KSAD akan diisi oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sementara untuk Kepala BNPB, Presiden akan melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Ini 12 calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang akan dilantik adalah:

1. Calon Dubes LBBP RI untuk Italia, M. Prakosa;
2. Calon Dubes LBBP RI untuk Portugal, Rudy Alfonso;
3. Calon Dubes LBBP RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra;
4. Calon Dubes LBBP RI untuk Polandia, Anita Luhulima;
5. Calon Dubes LBBP RI untuk Kroasia, Suwartini Wirta;
6. Calon Dubes LBBP RI untuk India, Ina Krisnamurti;
7. Calon Dubes LBBP RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak;
8. Calon Dubes LBBP RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi;
9. Calon Dubes LBBP RI untuk Austria, Damos Agusman;
10. Calon Dubes LBBP RI untuk Bangladesh, Heru Subolo;
11. Calon Dubes LBBP RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto; dan
12. Calon Dubes LBBP RI untuk Tanzania, Triyogo Jatmiko.sinpo

Komentar: