Kali Ciliwung Meluap, Ribuan Warga Jaktim Mengungsi Ke Tenda Darurat

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 08 November 2021 | 18:18 WIB
Banjir di Jakarta Timur/Net
Banjir di Jakarta Timur/Net

SinPo.id - Sejumlah pemukiman warga di Jakarta Timur (Jaktim) terendam banjir lantaran Kali Ciliwung meluap. Ribuan warga terpaksa mengungsi di tenda darurat, Senin (8/11).

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jaktim Ridwan mengatakan, sejak pukul 09.20 WIB tercatat 1.700 warga mengungsi. Warga yang terdampak antara lain berada di Kelurahan Cawang sebanyak 500 warga, Balekambang 300 warga, Cililitan, Kramat Jati 500 warga, 100 warga Bidara Cina, 300 warga Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara.

"1.700 warga yang mengungsi kita siapkan makanan cepat saji dengan mendirikan dapur umum untuk membantu keperluan warga terdampak," ungkapnya.

Menurutnya, warga terpaksa mengungsi lantaran air yang merendam permukiman imbas curah hujan tinggi pada Minggu (7/11). Ketinggian air mencapai satu hingga dua meter. "Warga mengungsi karena ketinggian air itu lebih dari satu meter," tandasnya.

Pihaknya telah menyiapkan kebutuhan warga korban banjir di lima kelurahan dan dua kecamatan tersebut. Petugas memasak makanan cepat saji di dapur umur milik Sudin Sosial Jaktim yang berada di Jalan Haji Naman, Kelurahan Pondok Kopi.

"Untuk distribusinya kita minta tolong kepada pihak Kelurahan mengambil makanan cepat saji dan air mineral bagi para pengungsi," tuturnya.sinpo

Komentar: