Dinas Bina Marga DKI: Pompa Di Underpass Berkondisi Prima Untuk Mencegah Banjir

Oleh: Stefanus Samuel
Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:13 WIB
Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho/ Ist
Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho/ Ist

SinPo.id - Dinas Bina Marga DKI Jakarta memastikan 67 pompa air yang tersebar di 15 underpass dalam kondisi prima dan siap beroperasi menghadapi musim hujan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, setiap underpass memiliki jumlah pompa air bervariasi antara tiga sampai enam pompa dengan kapasitas yang berbeda.

"Kita mengendalikan pompa air underpass ada 15 lokasi, kita pastikan siaga dan prima. Begitu hujan ada genangan sedikit langsung di pompa," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho yang dikutip Sinpo.id dalam website berita resmi Pemprov DKI Jakarta, Kamis (21/10).

Hari menjelaskan, keberadaan pompa air sangat penting untuk mencegah banjir dan genangan saat hujan deras. Untuk itu, selain perawatan dan pemeliharaan rutin, pihaknya juga tanggap melakukan perbaikan jika pompa dalam keadaan rusak.

"Kami sudah antisipasi dengan melakukan perawatan dan perbaikan pompa air. Sehingga, saat hujan semua pompa yang ada di 15 underpass dalam kondisi siap dioperasikan," ujarnya.

Ia menambahkan, operasional pompa dapat diatur sesuai dengan intensitas hujan dan debit air yang menggenang di underpass.

"Bisa diatur tiga pompa operasi dan satu siaga. Tapi, kalau hujan deras kemudian debit airnya besar semua pompa kita operasikan," ucapnya.sinpo

Komentar: