Dasco: Jangan Lagi Merah Putih Tidak Berkibar Di Ajang Internasiional

Laporan: Ria
Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Ist
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Ist

SinPo.id - Jangan sampai lagi Bendera Merah Putih tidak berkibar lagi di ajang olahraga internasional. Tim khusus Kemenpora diminta untuk segera membenahi permasalahan itu.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad  buntut dari Bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan dalam kemenangan Indonesia di ajang Thomas Cup 2020.

Diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Menpora Zainudin Amali membentuk tim khusus untuk menangani sanksi yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia.

Tim Khusus dibentuk sebagai buntut dari Bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan dalam kemenangan Indonesia di ajang Thomas Cup 2020, imbas dari sanksi WADA kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI).

"Apa yang terjadi memang sudah tidak bisa dihindarkan itu akan menjadi pelajaran kita ke depan, supaya hal ini tidak terjadi lagi dan menimbulkan efek yang demikian kepada negara kita,” ujar Dasco, Selasa (19/9)

Walau begitu, legislator Dapil Tangerang Raya ini memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan tim bulutangkis putra Indonesia membawa pulang Piala Thomas Cup 2020.

"Kita apresiasi tim kita yang telah menorehkan kemenangan, memberikan kebanggaan dan semangat bagi indonesia,” tandas dia.

Sebagai informasi, WADA mengirim surat kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) pada 15 September. Dalam surat tersebut, WADA meminta Ladi mengkonfirmasi Test Doping Plan dan memberi tenggat waktu 21 hari.

Namun, LADI tak kunjung mengirimkan surat konfirmasi yang dimaksud, sehingga sanksi tidak boleh mengibarkan bendera kebangsaan dan tidak bisa menjadi tuan rumah dalam berbagai event dijatuhkan. LADI dinilai tidak mematuhi Kode Anti-Doping Dunia.sinpo

Komentar: