'Indonesian Night' Perpaduan Tarian Indonesia Dan Turki

Oleh: M. Tirtayasa
Senin, 11 Oktober 2021 | 20:36 WIB
Acara "Indonesian Night" di Wisma Duta RI, Ankara/ Ist
Acara "Indonesian Night" di Wisma Duta RI, Ankara/ Ist

SinPo.id - Tarian Indonesia dan tarian Turki berpadu dalam acara "Indonesian Night" di Wisma Duta RI, Ankara (8/10). Acara yang dihadiri oleh sejumlah tamu undangan tersebut menampilkan tarian Saman, tari Enggang Menari, tari Jejer Trabzon, tari Spirit Zeybek dan tari kreasi Spirit Nusantara, hasil kerja sama KBRI Ankara dengan sanggar tari Aksak Academy, Ankara. 

"Diplomasi budaya dapat menjadi jembatan terbaik untuk membangun hubungan tulus antar bangsa.

Kolaborasi tarian Indonesia dan tarian Turki merupakan kulminasi dari kedekatan hubungan historis antara Indonesia dan Turki yang telah terbangun sejak lebih dari 500 tahun lalu.

 Kolaborasi tarian ini merupakan bentuk perayaan atas hubungan kedua bangsa yang diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan saling pengertian," Ujar Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki, yang dikutip SinPo.id dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (11/10).

Acara 'Indonesian Night' dihadiri oleh sejumlah undangan diantaranya Direktur Jenderal Asia-Pasifik, Kementerian Luar Negeri Turki, Duta Besar Esra Cankorur, pejabat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, media TV setempat TRT Haber, influencer, para pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan tamu undangan lainnya. 

Salah satu undangan yang merupakan influencer, Yagmur Kara menyatakan bahwa dia terkesan dengan ide brilian kolaborasi tari Spirit Zeybek dan tari Jejer Trabzon yang merupakan potongan dari Tari Jejer Banyuwangi. 

Salah seorang penari Turki, Nesibe Meryem A??rsoy mengekspresikan kegembiraannya atas partisipasinya dalam Indonesian Night dan berharap dapat terus menari tarian Indonesia di masa mendatang.sinpo

Komentar: