Dasco: DPR Masih Mengkaji Waktu Pelaksanaan Pemilu 2024

Laporan: Sinpo
Jumat, 01 Oktober 2021 | 17:59 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id - Silang pendapat waktu pelaksanaan Pemilu 2024 masih terus bergulir menjadi bola liar. DPR sendiri belum memastikan waktu Pemilu dan lebih memilih melakukan kajian.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengusulan pelaksanaan Pemilu 2024 digelar pada bulan April dan Mei.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah lebih dulu mengusulkan agar pencoblosan Pemilu 2024 digelar pada 21 Februari. Pertimbangan KPU, untuk memberikan waktu yang cukup terkait penyelesaian sengketa pemilu.

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan masih mengkaji waktu pelaksanaan Pemilu 2024. Dalam pelaksanaan Pemilu Dasco mengingatkan perlu adanya pertimbangan dalam menentukan waktu yang dianggap pas.

"Tentunya Gerindra juga melihat masalah keterkaitan dengan hitung-hitungan pilkada daerah, lalu kemudian jeda waktu, dan juga sengketa pemilu. Hal ini yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan waktu apakah mengikuti nanti usulan DPR atau usulan pemerintah," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10).

Untuk mencari jalan keluar, kata Dasco, pembahasan masih berlangsung antara DPR bersama pemerintah.

"Jadi memang melihat dinamika yang terjadi, kita juga sedang melakukan kajian yang mendalam pada sore hari ini dan mulai besok kan ada konsinyering antara Komisi II dengan pemerintah," tandas Dasco..sinpo

Komentar: