Pemerintah Izinkan Kegiatan Berskala Besar, Dasco: Tetap Waspada!

Laporan: Satria
Senin, 27 September 2021 | 12:05 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id - Pemerintah telah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti resepsi pernikahan, pesta, festival, konferensi hingga konser musik meski pandemi Covid-19 belum usai. 

Pemerintah tetap memantau kegiatan dengan memebrikan izin akan asal memenuhi protokol kesehatan yang diberlakukan. 

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan dengan adanya izin bagi kegiatan berskala besar tersebut tentunya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. 

"Sebenarnya itu bagus untuk menggerakkan perekonomian terhadap perekonomian di masyarakat," kata Dasco kepada Wartawan, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/9). 

Meski begitu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menyarankan agar pemerintah melakukan kajian secara mendalam tentang perizinan acara berskala besar. Dasco bercermin pada negara lain yang diserang Covid-19 pada gelombang ketiga. 

"Karena kita jangan lupa harus mewaspadai juga, ini bukan menakut-nakuti, tapi harus mewaspadai juga karena sudah terjadi di berbagai negara itu menunjukkan covid gelombang ketida" ujar Dasco. 

Legislator Dapil Tangerang Raya ini juga mendorong adanya penegakan aturan yang secara ketat terhadap protokol kesehatan, seperti adanya sanksi bagi penyelenggaraan maupun para peserta yang melanggar.  

"Aturan yang dibuat secara ketat terutama pen-taat-tan protokoler kesehatan dan juga sanksi yang ketat untuk penyelenggara dan peserta apabila kemudian melanggar itu karena biar bagaimanapun kita tetap harus mewaspadai hal-hal yang terjadi di negara lain," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, bahwa pemerintah sudah mengizinkan penyelenggaraan kegiatan besar seperti konser musik hingga acara pernikahan besar dengan pedoman yang ditetapkan.

Johnny menyebut ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor pariwisata dan seiring membaiknya situasi pandemi Covid-19.

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari Covid-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” kata Johnny, Minggu (26/9).sinpo

Komentar: