Menpora Pastikan Upacara Pembukaan PON Papua Akan Tetap Meriah

Laporan: Rahmat
Sabtu, 25 September 2021 | 19:05 WIB
Menpora Zainuddin Amali/Ist
Menpora Zainuddin Amali/Ist

SinPo.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan bahwa upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, 2 Oktober mendatang digelar dengan prosedur tetap (protap) dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin.

Hal itu dilakukan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Menpora mengaku konsep awal pembukaan PON XX ini dilakukan seperti saat pembukaan Asian Games 2018 lalu. 

Namun, rencana sulit terlaksana karena adanya pembatasan orang di tengah pandemi. Namun demikian, dirinya memastikan upacara pembukaan PON akan tetap berjalan hikmat.

"Tanpa mengurangi kehikmatan. Upacara pembukaan PON XX tetap meriah tapi tak glamor karena situasi pandemi dan semua protokol tata tertib yang biasa dilakukan dalam setiap pembukaan itu tetap ada," kata Menpora dalam jumpa pers secara virtual, Jumat (24/9).

Ia menjelaskan, upacara pembukaan nanti akan menjalankan prosedur dan ketetapan seperti multievent olahraga lainnya, mulai dari pembacaan janji atlet hingga defile seluruh kontingen.

“Penonton PON hanya boleh dihadiri maksimal 25 persen, sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya. Dan untuk masyarakat yang ingin menonton diwajibkan sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19, ” ungkapnya.sinpo

Komentar: