Satgas: Jika Tak Ada Keperluan Ke Mal, Anak Sebaiknya Di Rumah Saja

Laporan: Rahmat
Rabu, 22 September 2021 | 08:22 WIB
Kondisi didalam mall/ net
Kondisi didalam mall/ net

SinPo.id - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 21 September - 4 Oktober 2021, telah memperbolehkan anak usia dibawah 12 tahun memasuki pusat perbelanjaan atau mal. Meski begitu, jika berkunjung ke mal tidak terlalu mendesak bagi anak-anak, maka diimbau hal tersebut tidak dilakukan. 

"Meskipun anak-anak usia dibawa 12 tahun tetap diperbolehkan masuk, saya imbau jika tidak terlalu mendesak, maka anak sebaiknya tinggal di rumah saja," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dikanal YouTube Sekretariat Presiden, yang dikutip SinPo.id, Rabu (22/9).

Namun, lanjut dia, jika anak-anak harus mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan lainnya, maka kepada orang tua selalu pendamping harus berhati-hati. Untuk itu, ia mengingatkan jika orang tua harus menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan. 

Disamping itu, Satgas fasilitas publik yang telah dibentuk harus menjalankan perannya dengan melakukan penegakan kedisiplinan protokol kesehatan dengan baik.  

Selain itu, penurunan kasus yang konsisten sejak puncak kasus di 15 Juli 2021, adalah hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dalam pengendalian kasus COVID-19. Intervensi pengendalian yang dilakukan tidaklah tunggal bahkan berbagai intevensi harus dilakukan bersamaan. 

"Sebagaimana yang disampaikan Presiden bahwa kedepannya kita harus memprioritaskan upaya 3M 3T dan vaksinasi di hulu penularan.
Sedangkan memfokuskan upaya perawatan pasien positif di hilir agar dapat menekan angka kematian dana meningkatkan kesembuhan sebesar-besarnya," ujar Wiku.sinpo

Komentar: