MPR Dukung Peraturan Perjalanan Internasional Dari Kemenhub

Laporan: Rahmat
Sabtu, 11 September 2021 | 12:12 WIB
Ilustrasi pesawat terbang/ net
Ilustrasi pesawat terbang/ net

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini masih memproses untuk menyusun regulasi perjalanan internasional untuk mengantisipasi masuknya varian baru virus Covid-19 yaitu varian Mu. 

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyatakan dukungan ya, hal itu menurutnya harus dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

"Mendukung langkah Kemenhub yang tengah menyusun aturan perjalanan internasional sebagai upaya antisipasi dalam mencegah masuknya virus Covid-19 varian Mu, namun juga meminta agar tidak hanya Kemenhub saja yang berinisiatif tapi juga kementerian dan lembaga terkait juga ikut berperan akti," kata Bamsoet salam pernyataan tertulis yang dikutip SinPo.id, Sabtu (11/9).

Ia meminta Kemenhub untuk bersinergi serta berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 dan Ditjen Imigrasi dalam melakukan penyusunan dan pembahasan terkait regulasi perjalanan internasional. 

Ia menambahkan, koordinasi ini dilakukan agar regulasi yang dibuat tidak timpang tindih khususnya dalam menentukan langkah-langkah pengendalian, yang diperlukan dalam rangka mencegah masuknya varian Mu, salah satunya perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional yakni Bandara internasional ataupun pelabuhan internasional.

"Meminta Kemenhub dan pihak-pihak terkait bekerja sama dengan TNI-Polri untuk membantu  memperketat pengawasan pintu keluar-masuk bandara maupun pelabuhan internasional, terutama terhadap warga negara Indonesia ataupun warga negara asing yang akan masuk ke Indonesia. Jangan sampai, terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia akibat lemahnya upaya pencegahan," ucapnya. 

Tak hanya itu, menurutnya, pemerintah perlu untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan kesehatan (litbangkes), baik di bandara, pelabuhan maupun terminal. Hal ini, lanjut dia, dapat mempercepat varian Mu terdeteksi dan langkah mitigasi bisa dilakukan sejak dini.sinpo

Komentar: