Satgas Ingatkan Penanganan Covid-19 Pada Gubernur Maluku-Papua

Laporan: Rahmat
Sabtu, 11 September 2021 | 08:06 WIB
Ilustrasi Covid-19/ net
Ilustrasi Covid-19/ net

SinPo.id - Saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Perkembangan penanganan Covid-19 berdasarkan pulau-pulau di Indonesia per 5 September 2021, Pulau Jawa - Bali menjadi yang tertinggi pada semua indikator. 

Meliputi kasus positif terhadap nasional, persentase kesembuhan, persentase kematian dan persentase kasus aktif. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan hal ini dapat terjadi karena pulau Jawa - Bali mendominasi populasi di Indonesia. Terdapat juga didalamnya ibukota, sehingga aktivitas sosial ekonominya cenderung lebih padat. 

Wiku menyebut, ada kabar baik mengenai perkembangan di Jawa - Bali karena kasus positif dibandingkan 1 bulan lalu, telah turun sebesar 74%. 

"Ini adalah perkembangan yang sangat baik," kata Wiku dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, yang dikutip SinPo.id, Sabtu (11/9).

Ia menekankan yang perlu diperhatikan adalah pulau Maluku - Papua. Meskipun menduduki urutan terakhir pada kasus positif, kesembuhan dan kematian, namun kasus aktifnya menduduki peringkat ke - 4 sebesar 8,6%. Ini artinya perlu fokus khusus pada penanganan pasien COVID-19 yang masih sakit di pulau tersebut agar segera sembuh. 

Para gubernur di Pulau Maluku - Papua diminta berfokus pada peningkatan pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan. Lakukan sinkronisasi data antara pusat dan daerah untuk terus diupayakan agar data perkembangan COVID-19 di wilayahnya dapat terus akurat. 

"Upaya ini, dimohon juga dilakukan seluruh wilayah di Indonesia. Dan untuk masing-masing kepala dinas kabupaten/kota segera melakukan sinkronisasi data dan berkoordinasi dengan Pusdatin Kemenkes. Dalam hal sinkronisasi, daerah lain dapat belajar dari Depok karena mampu menyelesaikan sinkronisasi 17 ribu kasus dalam 1 minggu," tuturnya. 

Selain itu, Wiku mengingatkan kepada masing-masing provinsi penyumbang kasus tertinggi dari keenam pulau di Indonesia. Diantaranya Pulau Sumatera di Riau (20,52%), Pulau Jawa - Bali di DKI Jakarta (30,38%), Pulau Kalimantan di Kalimantan Timur (45,41%), Pulau Sulawesi di Sulawesi Selatan (46,63%), Pulau Nusa Tenggara di 
NTT (69%) dan Pulau Maluku - Papua di  Papua (40%).sinpo

Komentar: