Berikut Makna Baju Adat Baduy Yang Dipakai Jokowi di Sidang MPR 2021

Oleh: Agam
Senin, 16 Agustus 2021 | 10:38 WIB
Presiden Jokowi saat mengenakan baju adat Baduy/Repro
Presiden Jokowi saat mengenakan baju adat Baduy/Repro

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR-DPD RI jelang peringatan HUT ke-76 RI. Kali ini, Jokowi tampil mengenakan baju adat suku Baduy.

Dilihat SinPo dari kanal YouTube Sekretariat Negara, pakaian yang dikenakan Jokowi serba hitam dengan songkok berwarna hitam bercampur biru. Dia juga mengenakan tas koja berwarna cream.

Untuk mengenal kebudayaan Baduy melalui pakaian adatnya, berikut ini merupakan penjelasan tentang pakaian adat suku Baduy.

Pakaian Adat Baduy Terbagi Dua

Secara garis besar, busana adat Baduy terbagi dua, yakni Baduy Dalam dan Baduy Luar. Ciri khas busana adat laki-laki Baduy Dalam terletak pada penggunaan pakaian berwarna putih. Sedangkan pakaian adat Baduy Luar terdiri dari setelan hitam-hitam. Berdasarkan ciri tersebut, busana adat yang dikenakan Presiden Jokowi adalah khas warga Baduy Luar.

Jamang Sangsang

Pakaian adat untuk pria Baduy disebut dengan Jamang Sangsang. Baju ini berlengan panjang dan hanya disangsangkan atau dilekatkan pada tubuh.

Desain baju sangsang terdapat lubang di bagian leher sampai dada serta tidak menggunakan kerah, kancing, dan kantong, serta tidak boleh dijahit menggunakan mesin dengan dominan warna putih.

Warna putih ini melambangkan kehidupan suku Baduy yang suci dan tidak terpengaruh oleh budaya luar. Warna ini hanya dikhususkan untuk masyarakat Baduy dalam dilengkapi dengan ikat kepala berwarna putih dan golok.

Sedangkan bagi masyarakat suku Baduy luar, mengenakan pakaian dan ikat kepala berwarna hitam atau biru tua dengan motif batik, berbeda dengan suku Baduy dalam, desain baju suku Baduy luar telah terpengaruh dengan budaya luar dengan terciptanya kantong dan kancing yang digunakan.

Untuk bawahan atau celana, suku Baduy menggunakan kain berwarna biru kehitaman yang dililitkan pada bagian pinggang. Celana diikat dengan sehelai kain yang berfungsi sebagai ikat pinggang.sinpo

Komentar: