Kata Dokter Tirta, Covid-19 Dan Influenza Harus Isoman

Laporan: Munif
Jumat, 30 Juli 2021 | 07:25 WIB
Dokter sekaligus influencer Tirta Mandhira Hudhi/ Tangkapan Layar YouTube Tirta PengPengPeng
Dokter sekaligus influencer Tirta Mandhira Hudhi/ Tangkapan Layar YouTube Tirta PengPengPeng

SinPo.id - Dokter sekaligus Influencer Tirta Mandhira Hudhi mengatakan, bahwa penyakit Covid-19 dan influenza  harus ditangani dengan cara yang sama, yaitu dengan isolasi mandiri (isoman).

Informasi tersebut ia sampaikan, dalam video langkah awal jika terkena Covid-19, yang diunggah di akun YouTube miliknya Tirta PengPengPeng, pada Senin(26/7).

Dokter Tirta menjelaskan, secara gejala pada 3 hari awal influenza dan Covid-19, memiliki gejala serupa dan tidak bisa dibedakan, karena itu merupakan gejala awal virus masuk ke dalam tubuh.

Ia menyampaikan, virus itu bersifat viral atau mudah menyebar menular melalui di udara/droplet.

Menurutnya, isoman adalah langkah yang paling tepat, untuk mengatasi Covid-19 dan influenza, agar tidak mudah menular kepada orang lain.

"100 tahun yang lalu indonesia tuh  20% populasinya karna flu spanyol dan 100 tahun kemudian sekarang influenza pake obat warung aja bisa sebenarnya bukan obat warung tapi obat-obatanan yang ijo lingkaran ijo yang bisa dibeli bebas. Dan karena virus itu menyebarnya lewat droplet itu klau kamu bersin dan kena udara akan mudah bisa viral memudah menularkan, mudah diviralkan," ujar dr. Tirta dalam kanal YouTube pribadinya yang dikutip oleh SinPo, Jumat (30/7).sinpo

Komentar: