Ini Dampak Negatif Keseringan Begadang Bagi Kesehatan

Laporan: Munif
Selasa, 27 Juli 2021 | 08:28 WIB
Ilustrasi Begadang/Net
Ilustrasi Begadang/Net

SinPo.id - Begadang sering kali dilakukan kebanyakan orang, dari kalangan remaja hingga dewasa. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi kesehatan pada tubuh.

Dokter Tirta melalui akun youtubenya Tirta PengPengPeng dalam video yang di unggah pada Sabtu 24 Juli 2021, menjelaskan bahaya begadang yang dapat memicu banyak penyakit yang sangat berisiko.

Dokter Tirta mengatakan, tubuh memiliki siklus yang bernama Sirkadian Rhythm. Itu merupakan sistem internal tubuh yang mengatur banyak hal.

Dokter Tirta mengatakan, tubuh memiliki body time yang artinya satu hari harus tidur selama tujuh jam. Ia menyebut, tujuh jam tersebut digunakan untuk mengganti sel tubuh yang rusak, mengganti sel kulit, serta membuat otak melakukan pemulihan dan istirahat.

Selanjutnya, dokter muda itu menambahkan seseorang yang begadang tidak tidur di pagi hari dan lanjut bekerja, lalu malamnya begadang lagi, yang terjadi adalah jantung bekerja secara berlebihan. Dan akan menyebabkan gagal jantung.

"Ketika kamu begadang harapannya tubuh ini setelah selesai begadang paginya kamu tidur kamu lanjutin kerja dan kamu begadang lagi yang terjadi adalah sel jantung ini mengalami over. Kerjanya over yang terjadi adalah jantung ini tidak sempet mengganti sel-selnya kulit tidak ganti sel-selnya otak tidak memiliki recovery penumpukan kelelahan dan ga sempet di sharing hati tidak sempat bekerja yang terjadi kalo kamu terus-terusan gagal jantung. begadang ini meningkatkan resiko banyak hal kanker salah satunya," ujar dokter Tirta, di kanal YouTube pribadinya yang dikutip oleh SinPo, Selasa (27/7).sinpo

Komentar: