Pembukaan Olimpiade Tokyo Ditonton 16,7 Juta Orang Di AS

Laporan: Vera
Minggu, 25 Juli 2021 | 09:09 WIB
Olimpiade Tokyo/Reuters
Olimpiade Tokyo/Reuters

SinPo.id - Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat malam, 23 Juli 2021 berhasil menarik hingga 16,7 juta penonton, jumlah penonton televisi terkecil di Amerika Serikat (AS) dalam kurun waktu 33 tahun terakhir.

Informasi tersebut berdasarkan data awal Comcast-owned(CMCSA.O) NBCUniversal pada Sabtu, 24 Juli 2021 dari siaran NBC dikutip Reuters, Minggu (25/7).

Di semua platform, termasuk NBCOlympics.com dan aplikasi NBC Sports, sebanyak 17 juta orang menyaksikan upacara tersebut, dilaporkan NBCUniversal.

Penonton streaming di platform tersebut naik 76 persen dari upacara pembukaan PyeongChang 2018 dan 72 persen dari pembukaan Rio 2016. Hal tersebut pun mencerminkan perubahan dalam kebiasaan menonton. 

Penonton hari Jumat 23 Juli 2021 menunjukkan penurunan tajam, meskipun sulit dibandingkan dengan upacara pembukaan sebelumnya ketika penonton memiliki lebih sedikit opsi untuk melalukan streaming.

Penonton TV di Tokyo menurun 37 persen dari 2016, ketika 26,5 juta orang menonton pembuka Olimpiade Rio de Janeiro dan 59 persen dari 2012, ketika 40,7 juta orang menonton upacara London. 

Itu adalah angka penonton terendah untuk upacara pembukaan sejak Olimpiade Seoul 1988 yang menarik 22,7 juta penonton TV. 

Jumlah tersebut juga lebih rendah dari Pertandingan Barcelona 1992 ketika 21,6 juta orang menonton, menurut data Nielsen. 

Angka Rio, London, Barcelona, dan Seoul mencerminkan data peringkat akhir yang belum tersedia untuk pembukaan Olimpiade Tokyo.

Akibat pandemi Covid-19, acara pembukaan Olimpiade Tokyo pada hari Jumat berlangsung dengan kurang dari 1.000 peserta di Stadion Olimpiade, di bawah aturan jarak sosial yang ketat.

Kehadiran utama  termasuk mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang telah merayu permainan ke Tokyo dan sponsor utama, karena acara tersebut menghadapi tentangan kuat di Jepang yang kelelahan karena Covid-19. 

Dengan Tokyo 13 jam lebih cepat dari Pantai Timur AS, NBC untuk pertama kalinya menyiarkan upacara tersebut secara langsung di pagi hari, pada pukul 06:55 pagi waktu setempat. Siaran primetime NBC yang direkam mulai pukul 19:30 waktu setempat.

Dalam liputan primetime-nya, NBC mengakui pandemi dan korbannya sambil menghadirkan Olimpiade sebagai acara yang positif.

"Ketidakhadiran membuat hati semakin dekat," kata pembawa acara Savannah Guthrie, pembawa acara acara pagi Today NBC News. 

“Tidak ada yang seperti upacara pembukaan yang benar-benar membuat Anda bersemangat untuk Olimpiade,” sambung dia.

NBCUniversal telah secara agresif mendorong platform digitalnya tahun ini dan memandang Olimpiade sebagai pendorong penting pelanggan untuk layanan streamingnya.

Perusahaan berencana untuk mengudarakan 7.000 jam liputan Olimpiade yang belum pernah terjadi sebelumnya di berbagai jaringan televisi dan Peacock. 

Ini termasuk beberapa acara yang paling dinanti, seperti senam dan bola basket Pria AS, di platform streaming. Ini juga akan mengalirkan lebih dari 5.500 jam Olimpiade di NBCOlympics.com dan aplikasi olahraganya.sinpo

Komentar: