Wiku: Angka Testing Indonesia Per Juli 2021 Sudah 4 Kali Melampaui Standar WHO

Laporan: Munif
Jumat, 23 Juli 2021 | 13:06 WIB
Ilustrasi Virus Corona/ Internet
Ilustrasi Virus Corona/ Internet

SinPo.id - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan perkembangan angka testing (pemeriksaan) Covid-19 dalam setiap harinya menunjukkan angka yang dinamis. Ia menyebut dalam melihat perkembangan data testing harian belum dapat menunjukkan gambaran secara menyeluruh kondisi testing secara nasional. 

Wiku Adisasmito menjelaskan untuk bisa melihat gambaran kondisi angka testing secara menyeluruh, harus dilihat secara mingguan yang juga direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). 

"Karena jika dilihat secara harian, akan sangat dinamis naik turunnya," kata Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (22/7). 

Dalam hal angka testing, per pekan ketiga Juli 2021, Indonesia sudah 4 kali melampaui standar testing yang ditargetkan WHO. Dan kedepan, target nasional terkait testing mengedepankan prinsip prioritas yaitu mendahulukan suspek dan kontak erat dari kasus terkonfirmasi.

Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka positivity rate nasional yang sampai minggu ketiga Juli mencapai 28,27%. Untuk itu, baik metode PCR dan rapid test antigen terus dioptimalkan dalam kondisi ini. 

Sementara, lanjut dia, untuk waktu pencapaian target diharapkan tercapai secepatnya. Demi merealisasikannya, pemerintah pusat berkomitmen mendukung Pemerintah daerah dalam mencapai target testing, tracing dan treatment (3T). 

Karenanya, harus ada kerjasama setiap daerah untuk mencapai rasio target testing yang spesifik di tiap daerah berdasarkan angka positivity rate masing-masing kabupaten kota.

"Sekaligus pemberdayaan posko di tingkat komunitas untuk mencapai target tracing sebanyak 15 kontak per kasus konfirmasi," tuturnya.sinpo

Komentar: