Bantah Bisnis Ivermectin, Moeldoko: ICW Ngawur Dan Menyesatkan

Laporan: Tisa
Jumat, 23 Juli 2021 | 13:00 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko /KSP
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko /KSP

SinPo.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah informasi yang disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait peta jejaring bisnis PT Harsen Laboratories yang akan memproduksi obat Ivermectin

Kata Moeldoko, tuduhan tersebut ngawur dan menyesatkan.

"Itu tuduhan ngawur dan menyesatkan,” kata Moeldoko dalam keterangannya dikutip SinPo, Jumat (23/7).

Menanggapi tuduhan keterlibatan anaknya, Moeldoko menampiknya. 

"Tidak ada urusan dan kerja sama antara anak saya, Jo, dengan PT Harsen Lab," kata Moeldoko. 

Terkait tuduhan kerjasama HKTI dalam impor beras, Moeldoko menyebut tuduhan ini tidak bisa dimaafkan. 

"Ini menodai kehormatan saya sebagai ketua HKTI," ujar Moeldoko

HKTI kata Moeldoko justru berjuang untuk kemandirian petani agar mereka bisa mengekspor beras. 

Moeldoko juga menegaskan, informasi ICW yang menuding Joanina sebagai Tenaga Ahli di KSP, adalah salah besar.

Karena Moeldoko sudah pernah menjelaskan bahwa Joanina hanya pernah magang selama 3 bulan di KSP. 

"Saya suruh dia belajar dari para tenaga ahli di KSP selama 3 bulan awal 2020," tegas Moeldoko.

Atas berbagai tuduhan tersebut, Moeldoko mempertimbangkan melakukan langkah hukum terhadap ICW.

Sebelumnya ICW menelusuri orang-orang di balik PT Harsen Laboratories, perusahaan farmasi yang bakal memproduksi obat Ivermectin. 

Berdasarkan hasil penelitiannya, ICW menemukan keterkaitan antara orang-orang di belakang PT Harsen Lab dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan partai politik PDI Perjuangan.

Peneliti ICW Egi Primayogha menjelaskan bahwa penelitian dilakukannya pada Juni hingga Juli 2021. 

Dalam paparannya, Egi turut serta memperlihatkan peta keterkaitan PT Harsen Lab dengan sejumlah pihak.

Pertama Egi menyebut satu per satu nama yang tercantum dalam akte perusahaan PT Harsen Lab yang sudah berdiri sejak 1971.

Nama-nama yang dimaksud ialah Haryani, Herman Sunaryo, Haryoseno, Runi Adianti, Iskandar Purnomohadi dan Sofia Koswara.

"Memang nama-nama ini tidak kami temukan semuanya melalui akte perusahaan, ada nama-nama yang juga muncul kalau kita menelusuri lewat pemberitaan di media," kata Egi dalam paparannya yang disiarkan melalui kanal YouTube Sahabat ICW, Kamis (22/7/2021).

Haryoseno dan Runi Adianti merupakan pasangan suami istri selaku pemilik PT Harsen Lab. 

Nama keduanya tercatat dalam dokumen Panama Papers dan mereka terafiliasi dengan perusahaan cangkang bernama Unix Capital Ltd yang berbasis di British Virgin Island.

Keduanya diketahui memiliki perusahaan PT Sentra Sukses Kencana. Beberapa nama dari pengurus perusahaan tersebut juga tercatat sebagai pengurus atau pemilik saham di PT Hansen Lab.

Kemudian, Egi menyinggung satu nama lainnya yakni Sofia Koswara. Meskipun di dalam akte perusahaan tidak tercantum nama Sofia, tetapi ICW menemukan dari berbagai sumber kalau yang bersangkutan adalah wakil presiden PT Harsen Lab.

"Nampakanya dia punya peran sentral dalam menjalin relasi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Hasil penelitian ICW, Sofia merupakan Chairwoman Front Line Covid-19 Critical Care (FLCCC) di Indonesia.

Salah satu anggota dari FLCCC di Indonesia ialah Budhi Antariksa.

Budi merupakan bagian dari Tim Dokter Presiden dan juga ketua tim uji klinis Ivermectin di Indonesia. Selain dengan Budi, Sofia juga memiliki keterkaitan dengan perusahaan PT Noorpay Nusantara Perkasa di mana dirinya pun menaruh saham di sana sejak 2019.

Putri dari Kepala KSP Moeldoko, Joanina Rachman juga diketahui memegang saham di PT Noorpay Nusantara Perkasa.

PT Noorpay Nusantara itu menjalin hubungan kerjasama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dalam hal ekspor beras. Pada saat itu, Kepala KSP Moeldoko diketahui menjabat sebagai ketua umum HKTI.

"Dalam kesempatan itu Moeldoko yang juga merupakan Ketum HKTI jumpa dengan Sofia. Jadi dari situ kita bisa melihat sebetulnya keterkaitan antara Sofia dan juga Moeldoko sebagai kepala staf presiden," ungkapnya.

Tak hanya itu, ICW juga menemukan adanya anggota direksi lain di PT Harsen Lab yakni Riyo Kristian Utomo yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran. Riyo diketahui merupakan anggota PDI Perjuangan dan menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Budaya di DPC PDIP Tangerang Selatan.

Informasi lain yang ditemukan yaitu Riyo merupakan putra dari Ribka Tjiptaning Proletariyati, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kemudian keterkaitan Ribka dengan PT Harsen Lab diungkap ICW usai menemukan video amatir yang menunjukkan yang bersangkutan pernah membagi-bagi sembako dan masker yang disediakan oleh perusahaan tersebut pada April 2020. 

Ketika itu Ribka menjabat sebagai Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP.

Kemudian temuan ICW tersebut menunjukkan kalau pandemi Covid-19 malah digunakan sebagai alat guna mencari keuntungan dan memperkaya diri.

Egi menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang malah berdiam diri ketika ada anak buahnya yang diduga terlibat pada kepentingan konflik distribusi Ivermectin.

"Alih-alih demikian, ia bahkan membuka ruang perburuan rente dengan membiarkan instansi tertentu campur tangan dalam penanganan covid di luar tugas dan kewenangannya."sinpo

Komentar: