Penjual Hewan Kurban Alami Penurunan Penjualan Selama PPKM Darurat

Laporan: Lilis
Senin, 19 Juli 2021 | 19:34 WIB
Pedagang Hewan Kurban/SinPo
Pedagang Hewan Kurban/SinPo

SinPo.id - Menjelang hari Raya Idul Adha 2021. pedagang hewan kurban di Kabupaten Bogor mengalami penurunan penjualan hingga 30 persen. Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menyebabkan penjualan menjadi tidak maksimal. 

Mad Yusuf, penjual sekaligus peternak kambing dan sapi sejak tahun 1991 di Kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, mengatakan dari awal pandemi, yakni pada Idul Adha tahun lalu 2020 sudah terjadi penurunan penjualan. 

"Sekitar 30 persen mengalami penurunan pendapat," kata Yusuf kepada SinPo, Senin (19/7). 

Yusuf mengatakan, hewan sapi dan kambing yang tidak terjual pada tahun ini harus diternakan kembali. Hal tersebut mengakibatkan kerugian pakan hewan 3 sampai 5 juta untuk sapi dan 500 ribu sampai 1 juta untuk kambing. 

"Kalau nggak keluar sekarang pasti di kelola petani lagi buat tahun depan, ada jelas kalau risiko, kalau ukuran sapi hewan besar ya dari angka 3 sampai 5 juta bisa, kalau kambing 500 ribu sampai 1 juta," ucap Yusuf. 

Yusuf berharap ditengah pandemi ini, Pemerintah dapat membantu para peternak hewan untuk bisa dimajukan dalam hal penjualan, maupun pemeliharaan hewan.sinpo

Komentar: