Menkeu Siapkan Skenario Perpanjangan PPKM Darurat

Laporan: Vera
Selasa, 13 Juli 2021 | 12:02 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati/Setkab
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati/Setkab

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sudah menyiapkan skenario perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 6 minggu ke depan karena cepatnya mutasi varian baru Delta.

Skenario itu tertera dalam bahan paparan Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

"PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan," sebut paparan Sri Mulyani.

Menurut dia, perpanjangan PPKM Darurat dilakukan apabila risiko pandemi Covid-19 masih tinggi.

Dalam paparan itu juga disebutkan, PPKM Darurat sangat berimplikasi kepada pertumbuhan ekonomi.

Wanita yang akrab disapa Ani ini mengatakan, PPKM membuat tingkat konsumsi masyarakat melambat, pemulihan ekonomi tertahan, serta pertumbuhan ekonomi kuartal III diprediksi melambat pada kisaran 4 persen sampai 5,4 persen.

Untuk itu, pihaknya akan memperkuat belanja APBN. 

Sebelumnya, pemerintah sudah menambah belanja di sektor kesehatan dan perlindungan sosial dalam program Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Penambahan anggaran dua sektor tersebut berasal dari refocusing dan realokasi sektor lainnya, seperti bantuan UMKM dan Korporasi, serta program prioritas.

"Belanja APBN diperkuat untuk merespons dampak negatif peningkatan kasus Covid-19 kepada perekonomian. Diperlukan akselerasi vaksinasi, efektifitas PPKM Darurat, dan kesiapan sistem kesehatan," tutup paparan tersebut.sinpo

Komentar: