Mengkhawatirkan, Di Kota Tangerang Dalam Sehari Bisa 30 Jenazah Covid-19 Dimakamkan Di TPU Selapajang

Laporan: Sinpo
Senin, 05 Juli 2021 | 14:03 WIB
TPU Selapanjang Kota Tangerang/RMOLBanten
TPU Selapanjang Kota Tangerang/RMOLBanten

SinPo.id, Tangerang Kota - Kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Tangerang terus meningkat, berdasarkan data yang ada di TPU Selapajang, Kota Tangerang, dalam sehari petugas bisa memakamkan 20 hingga 30 jenazah.

Petugas TPU Selapajang, Rudi mengatakan, peningkatan jenazah pasien Covid-19 itu terjadi sejak satu bulan kemarin. Bahkan dalam proses pemakaman, jenazah pun harus mengantre.

"Iya meningkat, ambulans jenazah pun sekarang harua ngantri. Kita itu kasih jarak, pemakaman satu jenazah dengan jenazah lainnya, yakni minimal sejam,"terang Rudi dilansir Kantor Berita RMOLBanten, Senin (5/7).

Untuk petugas pemakaman, disiagakan empat tim di TPU khusus pasien Covid-19 tersebut. Dimana dalam satu tim terdapat 6 orang petugas.

"Kita ada empat tim, bisa gantian jadi gak capek. Buat APD juga kita ada terus, selalu pakai," ujarnya.

Sementara, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, bila pihaknya pun mangaktifkan 24 jam layanan pemakaman jenazah Covid-19 di TPU itu.

"Dari petugas kita dengar, ada yang sampai jam 1 masih dilakukan pemakaman, makanya kita juga aktifkan 24 jam layanan karena jangan sampe jenazah nunggu lama," tuturnya.

Lalu, pihaknya juga memasang tiga tenda khusus antream jenazah yang akan segera dimakamkan.

"Tenda tiga unit kita pasang, untuk jenazah yang akan segera dimakamkan, jadi mobil ambulans tidak mengular panjang," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam bulan Juni 2021, sebanyak 320 jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dan dimakamkan di TPU tersebut, dengan perbandingan di bulan Januari hingga April 2021, sekitar 200 jenazah yang dimakamkan.sinpo

Komentar: