Elite DPR Cukup Memahami Situasi Negara

Oleh: Adian Radiatus
Rabu, 23 Juni 2021 | 23:05 WIB
Tankapan layar potongan wawancara Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang diupload di Instagram pribadinya/Repro
Tankapan layar potongan wawancara Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang diupload di Instagram pribadinya/Repro

SinPo.id - Mencermati berbagai keterangan yang memberi kesan pro aktif dan tanggapan atas pertanyaan media publik oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco tampak pemahaman prioritas masalah nasional  patut diakui cermat dan cukup tinggi sikap kepeduliannya.

Adalah RUU Perlindungan Data Pribadi yang dipandang sangat penting sehingga menjadi salah satu prioritas pembahasan yang akan diselesaikan sesegera mungkin. Alasannya jelas karena menyangkut 'privacy' individu warganegara dimanapun berada.

Signal RUU PDP akan segera diputuskan karena progresnya cukup bagus, mudah-mudahan satu kali (pembahasan) sudah signifikan. Karena PDP juga sangat diperlukan dalam situasi sekarang, begitu jelas Sufmi Dasco, satu diantara beberapa petinggi DPR yang paling aktif mengkomunikasikan berbagai hal terkait DPR maupun segala sesuatu yang tengah hangat diruang publik.

Salah satunya terkait jabatan Panglima TNI yang akan berakhir dan calon penggantinya. Itu sepenuhnya hak prerogratif Presiden dan belum ada masuk ke DPR hingga saat ini tegasnya. Dasco juga menegaskan bahwa fokus penanganan Pandemi Covid adalah prioritas utama yang harus terus diatasi bersama.

Harus diakui bahwa DPR periode 2019 - 2024 ini menunjukan kepedulian dan peranan yang lebih 'membumi' kepada rakyat khususnya arus komunikasi atas kinerja Dewan yang dipresentasikan oleh jajaran  Wakil Ketua dan Komisi di masing-masing tugasnya.

Media sosial Facebook dan Instagram Sufmi Dasco menjadi salah satu 'jendela kabar' yang mudah dijangkau publik, dan ini adalah contoh bagaimana seorang anggota Dewan berinteraksi secara bagus dan menjadi trending topik yang positif.

Seandainya kiprah para anggota dewan merespon publik memiliki intensitas yang seirama tugas legislatornya maka rasa keterwakilan rakyat mungkin akan meningkat dan pintu demokrasi dapat menemukan kunci pembukanya yang tepat.

Penjelasan terkait masih dininya membahas ajang Pilpres 2024 yang  disampaikan dengan lugas oleh Sufmi Dasco tentu jauh lebih terasa kebenarannya oleh rakyat ketimbang dikatakan seorang analis politik, misalnya.

Dengan posisi sebagai Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco telah memberi kesan baik pada publik bahwa elite cukup memahami situasi negara akhir-akhir ini dan sebaliknya tentu diharapkan apapun yang terjadi di eksekutif, peran legislator sejati tetap harus terdepan.

Adian Radiatus/Budayawansinpo

Komentar: