Sifat Asli Dibongkar Kawan, Gofar Hilman Bukan Baru Sekali Lakukan Pelecehan Seksual

Oleh: Agam
Jumat, 11 Juni 2021 | 11:19 WIB
Gofar Hilman./@pergijauh/
Gofar Hilman./@pergijauh/

SinPo.id - Kartika Jahja, aktivis perempuan sekaligus penyanyi yang mengaku teman lama Gofar Hilman turut membongkar sifat asli sang YouTuber yang tidak banyak diketahui khalayak.

"Ya, Gofar adalah seorang kawan lama. namun, saya berdiri bersama korban dan berterimakasih atas keberanian korban untuk bersuara. Saya mengulurkan kekuatan, solidaritas dan peluk kasih sayang untuk semua perempuan yang pernah menjadi korban kekerasan seksual. Yang bersuara maupun yang saat ini belum merasa siap," tulis Kartika Jahja dalam akun instagramnya seperti dilansir SinPo.id pada Jumat, (11/6).

Kartika tak menampik bahwa Gofar memang bukan kali ini saja membuat berbagai pernyataan menyinggung banyak orang terutama perempuan. Dia juga sudah berkali-kali mengingatkan Gofar untuk berhenti melakukannya. Bahkan, dia telah beberapa kali mengajak Gofar untuk berdialog membahas perilakunya tersebut, tapi tak digubris.

"Melainkan terus membuat pernyataan-pernyataan dan konten-konten yang seksis dan mengobjektifikasi perempuan," katanya.

Kartika juga sudah membaca pengakuan wanita yang viral di media sosial Twitter itu perihal dirinya menjadi korban pelecehan. Ini bukan cerita pertama yang ia dengar. Bahkan dari beberapa perempuan yang mengaku mendapat paksaan dari Gofar atau disebut sebagai unwanted sexual advances.

Kartika juga menyayangkan hingga saat ini tidak ada penyesalan sama sekali dari Gofar. Tuduhan itu bahkan disangkalnya dan akan dilawannya secara hukum. Menurutnya ini sebuah kisah klasik yang sangat dipahami korban-korban kekerasan seksual yang bersuara.

Kartika Jahja melihat kasus ini akan berakhir begitu saja tanpa Gofar mendapatkan sanksi. Ia merasa Gofar punya pengaruh besar untuk membungkam para korban.

“Sangat mungkin, publik dan lingkaran sosial Gofar akan melumrahkan perilakunya. Move on ke trending topic berikutnya, dan ia akan terus berkarya tanpa mendapatkan sanksi yang berarti,” tegasnya.

Sebagai informasi, Gofar Hilman tersandung kasus pelecehan seksual. Ini berawal dari mencuatnya pengakuan pemilik akun twitter @quwenjoo, korban pelecehan seksual Gofar Hilman.

Melalui sebuah utas, dia menceritakan secara detail kejadian yang dialaminya tiga tahun silam. Dia mengatakan, Gofar Hilman menarik dan merangkulnya.

Pada saat itu, dia berpikir bahwa sikap Gofar Hilman tersebut karena ingin menunjukkan pribadi yang rendah hati.

Namun, perempuan tersebut merasa risih lantaran Gofar Hilman semakin kencang memeluknya dari belakang.

Pemilik akun Nyelaras itu pun sempat meminta Gofar Hilman untuk melepaskan tangannya, tetapi tidak digubris. Beruntungnya, ada seorang pria yang menarik dirinya dari Gofar Hilman.sinpo

Komentar: