Gempa Goyang Cianjur, Warga: Kerasa Banget!

Oleh: Agam
Sabtu, 05 Juni 2021 | 23:46 WIB
BMKG
BMKG

SinPo.id - Gempa dengan magnitudo 3,5 menggoyang wilayah Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu, (5/6) malam. Gempa yang terjadi sekitar pukul 21.52 WIB itu, mengangetkan warga.

Salah satunya adalah Adi, warga yang tinggal di kawasan Joglo, Cianjur, Jawa Barat. Pria berusia 25 tahun itu mengaku merasakan getaran gempa tersebut. 

"Iya tadi ada gempa. Sebentar gempanya, tapi kerasa banget," tutur Adi kepada redaksi SinPo.id pada Sabtu, (5/6).

Adi mengaku langsung bergegas ke luar rumah saat merasakan getaran tersebut. Beruntung, tak ada gempa susulan. Sehingga dia pun langsung masuk lagi ke rumah.

Sementara melansir situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik gempa berada di darat 3 km Tenggara, Kabupaten Cianjur. Kedalapan gempa sebesar 10 KM.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa tektonik ini terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.16 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," tulis keterangan resmi BMKG.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 22.14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau BMKG.sinpo

Komentar: