Pagi ini, Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Laporan: Tisa
Selasa, 01 Juni 2021 | 07:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Instagram
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Instagram

SinPo.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini diagendakan akan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Selasa (1/6).

"Presiden RI akan menjadi Inspektur Upacara pada pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila (Selasa 1 Juni 2021)," kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo saat dihubungi wartawan Senin (31/5).

Kata Benny, pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 akan dilaksanakan secara virtual dan terpusat di Gedung Pancasila, Jakarta.

Adapun upacara akan dimulai pada pukul 07.45 WIB dan diperkirakan akan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Benny memaparkan susunan acara terbagi menjadi empat bagian yakni dimulai dari acara persiapan, acara pendahuluan, acara kebesaran dan acara penutup.

Acara persiapan yaitu seluruh pasukan upacara bersama komandan upacara memasuki lapangan upacara.

Selanjutnya acara pendahuluan, ada laporan perwira upacara.

Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara tiba di tempat upacara dan memberikan salam kebangsaan.

Kemudian acara kebesaran dilakukan penghormatan kebesaran, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, mengheningkan cipta dipimpin Presiden Jokowi.

 

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang akan membacakan teks Pancasila.

 

Selanjutnya, Ketua DPR Puan Maharani akan bertugas membacakan pembukaan UUD RI 1945. Setelah itu amanat inspektur upacara dalam hal ini Presiden Jokowi. 

 

Acara kebesaran ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

 

Selanjutnya acara penutup diisi dengan kegiatan salam kebangsaan, kemudian inspektur upacara meninggalkan tempat upacara. Kemudian laporan perwira upacara kepada inspektur upacara. Setelah itu komandan upacara membubarkan pasukan.

 

 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

 

Hari Lahir Pancasila juga ditetapkan sebagai hari libur nasional pada 2016 melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

 

 sinpo

Komentar: