Elektabilitas Prabowo Teratas, Dasco: Ini Pelecut Kader-Kader Gerindra Tambah Solid Konsolidasi

Laporan: sinpo
Selasa, 25 Mei 2021 | 12:54 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra,Sufmi Dasco Ahmad/<i>SinPo</i>
Ketua Harian DPP Partai Gerindra,Sufmi Dasco Ahmad/<i>SinPo</i>

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mensyukuri hasil survei yang memempatkan elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto urutan paling atas di survei yang dirilis Puspoll Indonesia.

Dasco mengatakan hasil survei itu menjadi pelecut agar kader-kader Gerindra lebih semangat konsolidasi untuk Pilpres 2024.

Walau begitu, Dasco tidak jumawa. Menurutnya, survei fluktuatif bisa kadang kadang tinggi bisa kadang rendah, kadang kadang pada saat berlainan juga hasilnya berbeda.

"Namun apapun itu hasil survei yang dilakukan Puspoll juga menambah semangat kader Gerindra di paling bawah mengonsolidasikan partai dan kami bersyukur hasil ini baik walaupun Pak Prabowo selama ini tidak pernah berkampanye untuk menaikkan elektabilitas," ujar Legislator Dapil Tangerang Raya ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/5).

Wakil Ketua DPR RI ini, mengurai, Prabowo bekerja menjalankan tugas-tugas yang diberikan sebagai bentuk tanggung jawab Menteri Pertahanan.

Meski, arus bawah partai sudah menghendaki Prabowo nyapres di 2024.

"Sejauh ini di kalangan internal Gerindra kita belum membicarakan walaupun dari arus bawah menghendaki Pak Prabowo maju lagi tapi forum resmi yang dibentuk bentuk itu belum di bahas di internal DPP Partai Gerindra," ucapnya.

Ditegaskannya, belum ada pembahasan apakah Gerindra akan mencalonkan kader dari luar. Menurutnya, bisa saja kemungkinan ada alternatif terkait pencalonan Pilpres 2024.

"Belum, itu bisa saja ada beberapa alternatif, belum dibahas," pungkasnya.

Sebgai informasi, Puspoll Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon presiden 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan paling atas dengan elektabilitas 20,9 persen.

Posisi kedua ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,4 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja saat rilis survei secara daring, Minggu (23/5), dalam pertanyaan semi terbuka dengan menguji 22 nama tokoh, Prabowo Subianto masih menempati urutan teratas dengan dukungan sebanyak 20,9 persen.

Pada urutan kedua adalah Anies Baswedan dengan keterpilihan 15,4 persen, dan urutan selanjutnya adalah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sekitar 13,8 persen

Menparekraf Sandiaga Uno juga muncul dengan angka 7,1 persen, kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ada juga nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di posisi keenam.

Dalam simulasi empat nama dan tiga nama, calon-calon di luar Prabowo semakin mengejar elektabilitas Menteri Pertahanan itu.

Pada simulasi tiga nama Prabowo dengan elektabilitas 27,6 bersaing ketat dengan Anies 25,5 persen dan Ganjar 22 persen.

Survei Puspol dilakukan dengan metode wawancara tatap muka selama 20-29 April 2021.

Sampel dipilih secara acak dengan metode penarikan sampel acak bertingkat. Jumlah sampel ditarik sebanyak 1600 responden. Margin of error kurang lebih 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: