KRI John Lie Bantu Evakuasi ABK Kapal Berbendera Singapura

Laporan: Tisa
Sabtu, 08 Mei 2021 | 19:00 WIB
KRI Jhon Lie,/Dispenal
KRI Jhon Lie,/Dispenal

SinPo.id, Jakarta- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) John Lie-358 dengan Komandan Kolonel Laut (P) Rafael D.A. Putro membantu mengevakuasi orang jatuh di laut (MOB) ABK  MT. ST. Khatarinen  berbendera Singapura di Utara Timur Laut jarak 120 NM dari P. Laut (ZEEI), Jumat (07/05/2021).

Berdasarkan keterangan Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, kejadian berawal saat KRI yang beroperasi dibawah kendali Operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada I), menerima Distress and Mayday Broadcast dari MT. ST. Katharinen berjarak 24 NM dari KRI John Lie-358 yang ditindaklanjuti oleh  KRI John Lie, dengan melaksanakan proses pendekatan ke posisi MOB untuk melaksanakan SAR dan menyiarkan Distress serta Mayday kepada seluruh kapal melalui Radio VHF Channel 16. 

Pasca melaksanakan operasi SAR, KRI John Lie-358 menemukan satu orang korban laki-laki atas nama Avoldin Artem (22th) dalam keadaan selamat di sekitar 5 NM dari posisi MT ST Katharinen. 

Selanjutnya dilaksanakan penanganan medis awal (P3K) dan mengembalikan korban tersebut ke MT. ST. Katharinen.

Kapal MT. ST. Katharinen berbendera Singapura ini diketahui berlayar dari Vladianca Rusia dengan tujuan Tg. Balaipus Malaysia  dinakhodai Brcic Ivica warga negara Croatia dengan membawa 17 ABK serta muatan minyak sebanyak 21.000 ton.sinpo

Komentar: