Gawat! Dua Warga Tangsel Terpapar Virus Varian Baru Covid-19 Dari India

Laporan: Wawan
Kamis, 06 Mei 2021 | 01:53 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19/Net
Ilustrasi pasien Covid-19/Net

SinPo.id, Banten - Tiga warga di Provinsi Banten terpapar virus varian baru Covid-19 dari India dan Inggris. Varian India disebut B.1.6.7, sementara varian Inggris (UK) B.1.1.7.

Kepastian terpapar warga Banten ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti dalam keterang tertulisnya, Kamis (6/5).

Untuk varian virus Inggris, satu kasus terkonfirmasi di Kampung Klutuk RT 02, RW 01 Desa Klutuk, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tanggerang Tangerang.

Kemudian, dua kasus terpapar varian virus India di Perum Pondok Jagung RT 005, RW 004, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

"Ada 3 pasien yang positif varian baru B.1.6.7 strain dari India dan B.1.1.7 strain Inggris, satu kasus di Kabupaten Tangerang dan dua kasus di Tangsel," ujar Ati.

Ati mengurai kejadian satu kasus terpapar B.1.1.7 setelah pulang dari Arab Saudi, sedangkan dua kasus tertular B.1.6.1.7 dari anaknya yang sedang tinggal di Jakarta.

Untuk dua pasien strain B.1.6.1.7 dirawat di rumah sakit Hermina Tangsel, sedangkan pasien strain B.1.1.7 isolasi khusus dipantau Puskesmas karena bergejala ringan.

Atas kondisi itu, Ati mengakui, pihaknya telah melakukan tracking kontak erat terhadap pasien.

"Tindakan sudah dilakukan follow tracking pada kontak erat untuk dua strain itu untuk memastikan penularan lebih lanjut dengan pengambilan sampel kontak," pungkas Ati.[red]

 sinpo

Komentar: