Lewat BRIN, Budiman Sudjatmiko: Saatnya Indonesia Menjadi Knowledge-Based Nation 

  • Laporan:

SinPo.id, Pria yang berada di balik program pengembangan Bukit Algoritma yang diproyeksikan menjadi semacam Silicon Valley-nya Indonesia, Budiman Sudjatmiko, menyatakan apresiasi luar biasa terhadap keputusan Pemerintah memperkuat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Budiman, mantan legislator di DPR yang kini menjadi Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia mengatakan BRIN adalah strategi geopolitik serta ketahanan nasional. Ini akan membuat Indonesia takkan melulu dikenal sebagai negara bertumpu pada sumber daya alam serta pasar barang-barang teknologi produksi asing. 

“Indonesia sebagai negara besar secara geografis dan demografis, jelas harus mampu segera membangun keunggulan teknologi dan inovasi sebagai bagian dari strategi ketahanan nasional dan geopolitik agar semakin diperhitungkan oleh dunia,” kata Budiman Sudjatmiko, Selasa (4/5/2021). 

Menurutnya, selama ini Indonesia hanya dilihat sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah. Serta jumlah penduduknya merupakan pasar yang menggiurkan. Dengan BRIN, sudah saatnya Indonesia bergerak menuju negara berbasis ilmu pengetahuan. 

"Saatnya keanekaragaman hayati dan sosial budaya nusantara yang luar biasa, menjadi pondasi kekuatan ilmu pengetahuan untuk membangun kemajuan bangsa," kata Budiman. 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar