Harapan LaNyalla di Hari Kebebasan Pers Dunia

  • Laporan:

SinPo.id, Jakarta - Hari Kebebasan Pers Dunia yang diperingati setiap 3 Mei, diharapkan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, bisa membuat insan media semakin tangguh. Ia pun menyampaikan sejumlah harapan untuk insan pers Tanah Air.

LaNyalla yang juga Anggota Dewan Penasehat PWI Jawa Timur, mengingatkan pentingnya peran pers sebagai alat kontrol sosial.

"Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day untuk seluruh insan media massa di tanah air. Sebagai pilar keempat dalam demokrasi, pers Indonesia harus bisa menjaga marwah untuk selalu objektif dalam pemberitaan," kata LaNyalla dalam pernyataan tertulis yang diterima SinPo.id, Senin, 3 Mei 2021. 

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, pers juga memiliki fungsi sebagai kontrol bagi kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, pers dituntut selalu mengedepankan cover both side di setiap pemberitaan.

"Pers harus terbebas dari intervensi apapun, termasuk intervensi pemerintah. Karena media memiliki jaminan untuk menyampaikan pendapat atau freedom of the press. Dan di Indonesia, kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara dalam UU Nomor 40 tahun 1999," ucap dia. 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar