Bamsoet Minta Pemerintah Cegah Kesenjangan Pendidikan

Laporan: Lilis
Senin, 03 Mei 2021 | 19:15 WIB
Bambang Soesatyo (Dok. instagram bambang.soesatyo)
Bambang Soesatyo (Dok. instagram bambang.soesatyo)

SinPo.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo menanggapi catatan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) soal angka putus sekolah bertambah dan peserta didik dari keluarga miskin nyaris tidak terlayani karena ketiadaan alat daring. Ia meminta pemerintah untuk mencermati terkait informasi yang disampaikan FSGI tersebut dengan membenahi seluruh infrastruktur penunjang kegiatan belajar-mengajar.

"Agar merata di seluruh daerah sehingga pembelajaran jarak jauh (PJJ) berjalan efektif serta mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan persoalan angka anak putus sekolah akibat ekonomi keluarga terdampak pandemi," kata Bamsoet dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Ia meminta pemerintah bersinergi dengan Dinas Pendidikan Daerah untuk memastikan terlaksananya proses pembelajaran antara siswa dan guru, dengan berbagai model dan cara sesuai disparitas wilayah, potensi dan kesiapan sekolah. Dengan demikian dapat tercipta keefektifan belajar dari rumah (BDR) baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan.

"Meminta komitmen pemerintah untuk terus berupaya mencegah semakin lebarnya kesenjangan pendidikan," katanya.

Ia menambahkan terutama pada masa pembelajaran jarak jauh yang mensyaratkan infrastruktur digital, akses internet serta perangkat pendukung lainnya karena sangat berdampak pada keberlanjutan pendidikan anak. 

"Mengingat pendidikan adalah hak dan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi demi mewujudkan Indonesia maju," katanya.sinpo

Komentar: