Harga Penerbangan Haji Turun, Komisi VIII DPR: Diharapkan Bisa Tekan Biaya Haji Secara Keseluruhan

Laporan: Lilis
Jumat, 30 April 2021 | 20:23 WIB
Diah Pitaloka (Dok. Instagram diahpitaloka.id)
Diah Pitaloka (Dok. Instagram diahpitaloka.id)

Sinpo.id, Ketua Panitia Kerja (Panja) Haji Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka mengungkapkan bahwa Panja Haji DPR RI mengucapkan terima kasih kepada PT Garuda Indonesia yang bisa menurunkan harga penerbangan jamaah dalam rapat persiapan perencanaan pembiayaan jamaah haji Indonesia 1442 H. Turunnya harga penerbangaan untuk jamaah haji ini diharapkan mampu menekan pembiayaan haji secara keseluruhan. Karena komponen biaya penerbangan yang cukup signifikan pengaruhnya terhadap besaran biaya haji Indonesia.

Sesaat setelah rapat Panja Haji DPR-RI, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka memberikan keterangan rencana subsidi biaya haji dari APBN dan nilai manfaat dana haji yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH RI). "Saya berharap masih bisa dilakukan efisiensi dari skema pembiayaan yang diusulkan oleh Panja Haji pemerintah", ungkapnya. 

Diah Pitaloka menambahkan, "sedang diperjuangkan oleh Panja Haji dengan adanya pendekatan efisiensi dari pengurangan waktu ibadah haji di saat pandemi COVID-19 sehingga beban penambahan biaya ke APBN dan nilai manfaat dana haji tidak terlalu memberatkan." 

Panja Haji sedang melanjutkan pembahasan dan tengah menunggu referensi harga akomodasi, konsumsi, dan transportasi di Arab Saudi yang akan dikomunikasi dengan segera oleh Kementerian Agama. "Kami menunggu kepastian harga untuk menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) sehingga tidak disusun berdasarkan asumsi semata," Diah Pitaloka memberikan keterangannya. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan usaha yang maksimal dalam memberikan pelayanan haji di tengah Pandemi apabila Indonesia memperoleh kuota haji di musim haji 1442 Hijriyah", Diah Pitaloka menutup keterangannya.sinpo

Komentar: