Vaksin Sinopharm

BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Sinopharm asal China

  • Oleh:
SinPo.id,Jakarta -  Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin covid-19 merek Sinopharm buatan China. 

EUA merupakan izin yang dikeluarkan BPOM untuk penggunaan produk medis tertentu, salah satunya mengenai penggunaan vaksin untuk pengendalian wabah covid-19.

"Kam sampaikan pengumuman bahwa sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institute, Sinopharm," ujar Kepala BPOM, Penny Lukito dalam konferensi pers secara virtual pada Jumat, (30/4/2021).

Menurut Penny, vaksin asal negeri tirai bamu itu sudah melewati evaluasi mendlam terhadap data-data uji praklinik hingga uji klinik fase 3. Uji vaksin dilakukan oleh BPOM bersama para ahli ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan para ahli klinis lainnya. Hasilnya, dapat dipastikan dua dosis vaksin sinopharm menunjukan profil keamanan yang baik.

"Pemberian vaksin Sinopharm dua dosis dengan selang pemberian 21 sampai 28 hari menunjukkan profil keamanan yang dapat ditoleransi dengan baik dan efikasi serta respons untuk meningkatkan imun yang baik," jelasnya.

Penny menjelaskan, uji klinik fase 3 vaksin sinopharm dilakukan di Uni Emerat Arab (UEA) dan sejumlah negara lainnya. Uji klinik terebut diikuti oleh 42.000 relawan

"Efikasi vaksin sinopharm juga mencapai 78 persen," imbuh Penny.

Penny menjelaskan, dalam uji klinis tersebut, didapati imunogenositas 14 hari setelah suntikan kedua yang terbentuk antibodi persentase relawan antobido netralisasi 99,92 persen untuk dewasa dan lansia 100 persen.

"Keamanan vaksin sangat baik, efek saming lokal, kategori sakit swelling, bengkak, rasa sakit, kemereahan, termasuk kategori ringan. Sangat kecil 0,01 persen kejadian sangat jarang," klaim Penny.

Rencananya, vaksin sinopharm akan diimpor oleh PT Kimia Farma. Vaksin sinopharm digunkan dalam program vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong.

Penny menambahkan, vaksin sinopharm akan diberikan kepada orang dewasa di atas 18 tahun. Rentang pemberian vaksin sinopharm sekitar 21-28 hari dari dosis pertama hingga dosis kedua.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar