Ketua DPD RI Berharap Pertemuan Pemimpin ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

  • Laporan:

Sinpo id, Surabaya - Upaya penyelesaian krisis di Myanmar yang dilakukan Presiden Joko Widodo mendapat apresiasi dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia berharap Pertemuan Pemimpin ASEAN 2021, Sabtu (24/4/2021), bisa memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.

Bagi LaNyalla, kekerasan yang terjadi di Myanmar sudah melewati ambang batas.

" Konflik yang terjadi bahkan sampai menghilangkan nyawa masyarakat sipil. Ini harus segera dihentikan dan kita berharap segera tercipta perdamaian untuk warga Myanmar,” kata LaNyalla, dalam pernyataan tertulis yang diterima Sinpo, Minggu, 25 April 2021. 

Pertemuan Pemimpin ASEAN 2021 merupakan respons atas kudeta di Myanmar yang dilakukan junta Militer pada Februari 2021. Pertemuan dihadiri pemimpin dari tujuh negara ASEAN, termasuk Jenderal Min Aung Hlaing dari Myanmar yang hadir sebagai Ketua Dewan Administrasi Negara Myanmar.

Dalam pertemuan tersebut dihasilkan lima poin konsensus yang diharapkan memberi harapan positif bagi penyelesaian krisis politik Myanmar. Yaitu para pemimpin ASEAN menyerukan penghentian kekerasan dan meminta semua untuk menahan diri. 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar