PPP Protes Keras Hilangnya Nama KH Hasyim Asy'ari di Kamus Sejarah Indonesia

Laporan: Lilis
Rabu, 21 April 2021 | 15:03 WIB
Baidowi (Dok. Instagram achbaidowi_awiek)
Baidowi (Dok. Instagram achbaidowi_awiek)

sinpo, Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi mengatakan Fraksi PPP menyesalkan dan memprotes keras hilangnya nama Hadaratus Syaikh  Hasyim Asyari dalam kamus  Sejarah Indonesia Jilid I yang diterbitkan Kemendikbud.

"Alasan bahwa hal tersebut kelalaian bukan kesengajaan masih perlu diuji lagi fakta yang sebenarnya," katanya dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Mengingat Kh. Hasyim Asyari adalah tokoh bangsa, lanjutnya, maka sangat tidak masuk akal jika alasannya karena lupa. Hal tersebut patut diduga sebagai upaya untuk menghilangkan jejak sejarah tokoh Islam pendiri NU dari ingatan generasi muda kedepan.

Ia menambahkan dalih bahwa buku tersebut belum dicetak dan baru draft, justru ini semakin menunjukkan ketidakprofesionalan kemendikbud. Seandainya draft itu tidak beredar, maka tidak akan ada kontrol dari masyarakat dan kamus tersebut akan tercetak tanpa menyertakan nama KH. Hasyim Asyari.

"Fraksi PPP meminta pejabat berwenang bertanggungjawab atas keteledoran ini. Karena hal ini sekaligus menunjukkan ketidakprofresionalan pejabat di kemendikbud," katanya.sinpo

Komentar: