Kemenkes Pastikan Terus Lakukan Vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan

Laporan: Vera
Rabu, 14 April 2021 | 08:02 WIB
Kemenkes tetap gelar Vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan. (Foto: Twitter Kemenkes @KemenkesRI)
Kemenkes tetap gelar Vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan. (Foto: Twitter Kemenkes @KemenkesRI)

sinpo, Jakarta - Selama bulan Ramadhan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap akan menjalankan vaksinasi COVID-19. Hal tersebut dilakukan sejalan dengan Fatwa MUI bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa. 

"Secara teknis, pelaksanaan vaksinasi tetap berjalan seperti biasanya. Hanya saja, vaksinasi akan dibuka saat siang & malam hari," tulis Kemenkes melalui akun Twitter resminya @KemenkesRI, dikutip Rabu, 14 April 2021. 

Menurut Kemenkes, pada masa pandemi sekarang ini, kita tidak perlu menunggu atau memilih jenis vaksin tertentu. 

"Gunakan vaksin yg tersedia untuk melindungi diri. Pemerintah memastikan jenis vaksin yang digunakan dipastikan aman, bermutu dan berkhasiat untuk membentuk kekebalan tubuh," papar Kemenkes. 

Selain itu, selama bulan Ramadhan, seluruh masyarakat diimbau untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan pedoman yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, termasuk saat menjalankan ibadah sholat tarawih maupun tadarus di masjid. 

"Kepada pengurus masjid harus memastikan bahwa seluruh jamaah membawa peralatan sholat sendiri, selalu memakai masker, melakukan pengukuran suhu, kapasitas jemaah tidak lebih dari 50 persen, menerapkan jaga jarak antar jemaah minimal 1 meter, serta rutin melakukan disinfeksi," papar Kemenkes. 

Selain itu, diingatkan Kemenkes, pengurus juga harus melakukan sejumlah antisipasi dengan menyediakan alat kesehatan, seperti masker serta fasilitas cuci tangan. Bagi kelompok rentan seperti lansia dan anak-anak, sebaiknya beribadah di rumah saja. 

"Untuk mengantisipasi lonjakan kasus penularan COVID-19, pemerintah memutuskan untuk meniadakan mudik Lebaran tahun ini. Kebijakan ini diharapkan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat guna melindungi keluarga tercinta di kampung halaman," terang Kemenkes. 

Di bulan suci Ramadhan ini, Kemenkes meminta bagi masyarakat yang memiliki anggota keluarga lansia diimbau untuk membantu dan mendampingi mereka mendapatkan vaksinasi COVID-19 dengan segera mendaftarkannya ke sentra vaksinasi terdekat.sinpo

Komentar: